Sepakat dengan PAN, PD akan Usung Penantang Risma di Surabaya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 10 Agu 2015 07:47 WIB
Foto: Mulya Nurbilkis
Jakarta - PAN dan Partai Demokrat akan kembali berkoalisi untuk menantang calon wali kota petahana Surabaya, Tri Rismaharini. Sebelumnya, kedua partai ini mengusung Dhimam Abror-Haries Purwoko di masa perpanjangan pendaftaran pertama, namun batal di detik terakhir.

"Insya Allah mengajukan. Masih dengan PAN, kami juga sudah komunikasi," kata Wakil Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Nurpati saat dihubungi, Minggu (9/8/2015) malam.

Meski begitu, Andi belum bisa memastikan kapan jago partainya akan mendaftar ke KPU Surabaya. Pengurus partai masih melakukan konsolidasi antara pusat dan daerah.

"Kita masih dalam proses," ucapnya.

Pada masa perpanjangan pendaftaran yang pertama, calon yang diusung PAN dan PD yaitu Dhimam Abror datang ke KPU Surabaya dengan Haries Purwoko. Namun, Haries mendadak menghilang di proses pendaftaran sehingga batal.

Andi memastikan bahwa pendamping Dhimam bukanlah Haries lagi. Penunjukkan nama diserahkan ke pengurus di daerah.

"Belum (menentukan). Masih digodok dan difinalkan, kita serahkan ke daerah," ujar Andi.

Sebelumnya, PAN sudah lebih dulu memastikan akan mengajukan calon lagi di perpanjangan pendaftaran Pilkada Surabaya. Calonnya pun tetap Dhimam Abror.

"Calon PAN tetap Dhimam, masih oke. Kita cari wakilnya," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).

Perpanjangan pendaftaran Pilkada di 7 daerah yang hanya memiliki calon tunggal dibuka pada 9-11 Agustus 2015. Di hari pertama, belum ada satu pun tambahan calon di Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), Kabupaten Blitar, Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat), Kota Samarinda (Kalimantan Timur), Kabupaten Timor Tengah Utara  (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Pacitan (Jawa Timur) dan Kota Surabaya (Jawa Timur). (imk/yds)