BPPT: Sumatera-Jawa-Bali-Nusa Tenggara Alami Kekeringan Lebih Serius

Nograhany Widhi K - detikNews
Minggu, 26 Jul 2015 11:30 WIB
Foto: Ainur Rofiq
Jakarta - Sebagian besar kawasan Indonesia akan mengalami kekeringan untuk beberapa bulan ke depan. Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, dinilai mengalami kekeringan lebih serius dibanding wilayah Indonesia lainnya.

Peneliti bidang hidrologi dan lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Sutrisno,MSc mengirimkan 2 grafik pencitraan satelit.



Gambar 1 adalah distribusi curah hujan (3 jam-an) di Indonesia berdasarkan data satelit Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM) pada bulan Juni-Juli 2015.

Dari gambar tersebut tampak bahwa wilayah Lampung, Pulau Jawa, Bali, Lombok-Flores sejak bulan Juni-Juli 2015 curah hujannya relatif lebih kecil dibandingkan dengan wilayah lain.

"Hal ini merupakan indikasi bahwa di wilayah-wilayah tersebut saat ini tingkat kekeringannya lebih serius dibandingkan dengan wilayah lain," demikian jelas Sutrisno dalam keterangan tertulis yang dilansir detikcom, Minggu (26/7/2015).



Gambar 2 adalah prediksi curah hujan oleh Apec Climate Center (APCC) bulan Agustus-September 2015 di Indonesia. Berdasarkan prediksi tersebut, curah hujan bulan Agustus-September 2015 di sebagian besar wilayah Indonesia akan berada di bawah normal/kering.  

"Kondisi kering ini masih berlangsung hingga saat ini dan diperkirakan akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan seiring dengan saatnya musim kemarau. Hal ini tentu saja cukup mengkhawatirkan, mengingat sebagian besar wilayah pertanian/lumbung padi berada di Pulau Jawa," imbuh Sutrisno.

Di wilayah-wilayah lahan gambut, terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan, dampak kekeringan ini bisa berakibat adanya kebakaran hutan dan lahan, karena kondisi udara yang kering merupakan kondisi yang kondusif untuk terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Beberapa lembaga riset dunia dan badan-badan meteorologi beberapa negara di dunia menyatakan bahwa sejak bulan Juni 2015 ini iklim dunia sedang diwarnai adanya fenomena El Nino. El Nino biasanya akan berdampak pada berkurangnya curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.
Halaman

(nwk/nrl)