Menag: Berdasar Perhitungan Hisab Posisi Hilal Sore Nanti di Atas 2 Derajat

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 16 Jul 2015 13:39 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa jika menurut perhitungan hisab posisi hilal pada Kamis sore nanti diperkirakan di atas 2 derajat. Namun hal ini belum bisa dijadikan rujukan untuk menentukan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada Jumat, 17 Juli 2015 besok.

Bagi ahli rukyat, kata Lukman, penentuan berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya 1 Syawal tidak cukup hanya mengandalkan hasil hisab saja. Data dan informasi hasil hisab harus diverifikasi melalui rukyat atau penglihatan secara langsung.

"Nah, dari sidang Isbat nanti akan kita lihat hasilnya, apakah ada yang bisa melihat hilal pada Magrib nanti," kata Lukman saat berbincang dengan detikcom, Kamis (16/7/2015)

Sidang isbat akan digelar Kementerian Agama mulai pukul 17.00 WIB sore nanti. Sidang akan diawali dengan mendengarkan pemaparan langsung dari pelaku rukyat dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri tentang posisi hilal.

Setelah jeda sejenak untuk buka puasa dan Salat Magrib sidang akan dilanjutkan untuk menentukan 1 Syawal 1436 hijriyah.

Dilansir dari situs Kemenag, Kamis (16/7/2015), Sidang Isbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar negara sahabat. (erd/fdn)