Ramadan 2015

Tanya Jawab Soal Alquran dan Hikmahnya (1)

Salmah Muslimah - detikNews
Kamis, 09 Jul 2015 11:59 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pertanyaan seputar Alquran dan hikmahnya kerap dilontarkan sejumlah pembaca forum question and answer detikRamadan setiap tahunnya. Berikut sejumlah pertanyaan dan jawaban yang sudah dirangkum di halaman khusus yang mengulas hal tanya jawab seputar Alquran dan hikmahnya.

1. Bagaimana cara mencintai Alquran?

Kita bisa mencintai Alquran kalau kita mengenal Alquran seperti peran Alquran bagi seorang Muslim, memahami isinya, dan lain-lain. Ada pepatah: tak kenal maka tak sayang.

(Faizah Ali Sibromailisi, Dewan Pakar Pusat Studi Alquran)


2. Mengapa ayat Alquran sering sama dan berulang?

Alquran bukanlah sebuah kitab ilmiah seperti kitab-kitab lainnya yang dikenal para ilmuwan. Ia adalah kitab dakwah yang turun berinteraksi dengan masyarakat. Karena itu, pengulangan perintah dan larangannya atau kisah-kisahnya menjadi sangat wajar.

Bukankah Anda dapat saja mengulang perintah atau kisah yang sama kepada seseorang tertentu, bila Anda mengetahui bahwa dia belum melaksanakannya secara sempurna atau menangkap pesan Anda? Ini kalau memang benar dugaan Anda bahwa ada pengulangan kisah di dalam Alquran.

Namun, kenyataannya tidak demikian. Misalnya, kisah Musa banyak sekali ditemukan dalam berbagai surat Alquran. Jika Anda mengamati redaksinya, Anda pasti menemukannya berbeda. Dan informasi yang diberikannya pun tidak sepenuhnya sama, terlebih lagi pesan-pesan yang tersirat di dalamnya.

Sebab, dalam berbagai kisahnya, Alquran ingin menekankan pesan-pesan tertentu. Tidak jarang sebuah kisah mengandung sekian banyak pesan, tetapi tidak dapat ditampung dalam satu redaksi saja. Demikianlah di antara hikmah 'pengulangan' kisah-kisah dalam Alquran. Demikian, wallahu a'lam.

(M Quraish Shihab, Dewan Pakar Pusat Studi Alquran)