Ramadan 2015

Pencarian Maria Augusta Teran, Muslimah Muda dari Ekuador

Kiki Larasati - Trans7 - detikNews
Rabu, 08 Jul 2015 13:56 WIB
Foto: Aditya Jakun - Trans7
Quito - Dalam lima tahun terakhir, banyak warga asli Ekuador yang menjadi muslim. Mereka adalah para pencari kebenaran dan ketenangan hidup, yang menemukan jawaban dalam Islam

Salah satunya adalah Maria Augusta Teran. Ibu satu anak yang baru setahun silam memeluk Islam.

Pertemuan dengan seorang muslim dari Suriah membuat pertanyaan tentang kehidupan berkecamuk dalam kepalanya. Pencarian ia lakukan, hingga akhirnya hatinya tertambat pada Islam. Namun hingga detik ini, Ibunya tidak kunjung menyambut baik pilihannya. Tiada hari terlewati tanpa adu argumentasi di antara mereka.

Penolakan dari keluarga dan lingkungannya semakin kuat setelah Maria memantapkan hati untuk mengenakan hijab. Namun hal ini tidak membuatnya menyerah, ia sudah bulat dengan tekadnya, menjadi dekat dengan Allah

"Mengenakan hijab adalah saat yang benar-benar berat. Karena di Ekuador tidak terbiasa melihat orang mengenakannya. Dan saya terus menerus berpikir apa yang akan orang katakan tentang saya. Saya terus berdoa memohon petunjuk Allah, dan saya mulai mendapat pemikiran. Kenapa saya harus memikirkan perkataan orang lain, jika yang saya lakukan ini untuk Allah," kisahnya.

Meski keluarga masih menentang keputusannya, namun tidak sedikitpun kesedihan menggelayuti Maria. Maria merasa sangat bahagia karena Allah telah menunjukkan jalan padanya untuk menjadi seorang muslimah.

(Aditya Jakun - Trans7)


"Saya terus menerus berkata Alhamdulillah. Saya yang mendapat hidayah dari Allah untuk mengenal Islam. Saya satu-satunya muslim di lingkungan saya. Ketika azan berkumandang, saya satu-satunya yang melakukan salat. Berbeda dengan kalian muslim di Indonesia yang mendengar azan dariĀ  masjid, saya hanya mendengarnya dari telepon genggam," tuturnya.

Sehari-hari Maria mengisi waktu melakukan pekerjaan yang menjadi hobinya, membuat kue. Ia sengaja memilih bekerja di rumah, agar leluasa menghabiskan waktu dengan putri kecilnya. Maria biasa menerima pesanan kue untuk acara istimewa seperti ulang tahun, pernikahan hingga natal. Baik dari teman ataupun pemesan dari jejaring sosial.

Saksikan kisah lengkap Maria Augusta Teran dan para mualaf muda dari Ekuador dalam program "Jazirah Islam" yang akan tayang pada Kamis, 9 Juli 2015 pukul 05.15 WIB hanya di Trans7.
(nwk/nwk)