Dubes Tiongkok Serahkan Santunan Rp 100 Juta ke PBNU

ADVERTISEMENT

Dubes Tiongkok Serahkan Santunan Rp 100 Juta ke PBNU

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 06 Jul 2015 19:07 WIB
Dubes Tiongkok saat serahkan bantuan ke PBNU
Jakarta - Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng mengunjungi Kantor Pusat Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU). Dia menemui Ketum PBNU Said Aqil Siradj untuk menyerahkan bantuan Rp 100 juta untuk 500 anak yatim piatu dan siswa pesantren NU.

Said menyambut Xie di Kantor PBNU Lantai 8, Jl Kramat Raya No 164, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2015). Sekitar 60 anak yatim-piatu dan santri NU juga turut menyambut Xie, istri, dan rombongan Kedutaan.

"Kunjungan Bapak sangat menggembirakan, apalagi memberikan santunan kepada anak yatim," kata Said kepada Xie.

Xie yang berkemeja batik cokelat emas ini memahami perkataan Said lewat penerjemah. "Selamat sore, selamat puasa," kata Xie dalam bahasa Indonesia.

Said mengatakan ini adalah kali pertama PBNU kedatangan Dubes Tiongkok membawa sumbangan.

"Baru kali ini Dubes Tiongkok masuk Kantor PBNU membawa santunan. Mudah-mudahan setiap tahun akan bertambah besar lagi santunannya," kata Said berkelakar disambut tawa Xie.

Xie menjelaskan, Tiongkok mempunyai penganut Islam lebih dari 20 juta. Pemerintahnya menghargai dan melindungi kebebasan beragama. Tiongkok juga ingin bersahabat dengan Indonesia.

"Kedutaan Besar Tiongkok berharap agar bisa memberikan bantuan sedapat mungkin dan menyampaikan persahabatan dari rakyat Tiongkok kepada rakyat Indonesia," kata Xie dalam Bahasa Mandarin dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh penerjemah.

Tiongkok, dikatakannya, merupakan saudara baik. Presiden Jokowi sudah berkunjung ke Tiongkok selama dua kali.

Acara ini kemudian disambung dengan berbuka puasa. Tak lupa, Xie mengucapkan selamat Idul Fitri yang harinya bakal jatuh kurang dari setengah bulan lagi.

"Selamat dan berbahagia dalam Hari Raya Idul Fitri yang akan datang," kata Xie.

(dnu/jor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT