Alur Tol Cipali Berbelok Bukan karena Batu Bleneng, Tapi karena Pesantren

M Iqbal - detikNews
Senin, 29 Jun 2015 19:14 WIB
google map
Cikopo - Bila Anda memperhatikan ruas Tol Cipali lewat google map, akan terlihat jalur yang berbelok drastis. Padahal bila dilihat, semestinya jalur Tol Cipali bisa lurus. Namun ada hal yang membuat jalur mesti berbelok, tak lain permintaan dari sebuah pesantren.

“Kalau diperhatikan harusnya jalan itu lurus, tapi di situ ada pesanten. Dulu ketika design dibuat menghindari itu,” kata Wakil Dirut PT Lintas Marga yang mengelola Tol Cipali, Hudaya Arianto, Senin (29/6/2015).

Hudaya menjelaskan, tidak ada urusan dengan hal mistis atau gaib apalagi dengan batu Bleneng. Perpindahan jalur menjadi berbelok itu karena pesantren tak mau diberi ganti untung. Akhirnya jalur dibelokan

“Atas permintaan warga dan Pemda setempat,” tambah Hudaya.

Sekali lagi, pengendara diminta tak percaya hal gaib yang dikaitkan dengan batu Bleneng di Tol Cipali di Km 182 atau pemakaman di Km 90. Memang ada sejumlah oknum paranormal yang mengait-ngaitkan hal itu. Bahkan sampai menyebut jalur itu menjadi belok karena batu bleneng dan lainnya. Tapi semuanya tak benar.

“Kecelakaan yang terjadi itu karena faktor manusia, kelelahan. Jadi kalau pengemudi merasa kelelahan atau mengantuk, silakan menepi di rest area,” tutup dia. (bal/dra)