Legenda Batu Bleneng yang Misterius di Tol Cipali

Dhani Irawan - detikNews
Senin, 29 Jun 2015 07:46 WIB
dok.pasangmata.com
Jakarta - Tol Cipali sudah resmi dibuka. Uji coba dilakukan sejak awal bulan Juni ini. Tol yang sudah diresmikan Presiden Jokowi ini sudah resmi dioperasikan sejak Jumat (26/6).

Namun ada sesuatu yang lain yang menyeruak dari Tol Cipali ini. Tak lain, cerita legenda soal Batu Bleneng di Km 180. Batu berukuran besar ini tampak mencolok bila Anda melintas di Cipali.

“Batu itu besar sekali, dan kelihatan banget,” jelas seorang pengguna Tol Cipali, Faya saat berbincang, Minggu (28/6/2015).

Faya menggambarkan, di lokasi itu terlihat bukit dipapas, sedang kanan kiri jalan tol dirapikan dengan dicor. Tapi batu itu berdiri tegak di pinggir seolah tak tersentuh.

“Aneh juga sih itu semua sudah dicor, tapi ada batu gede seperti itu di situ. Kenapa nggak dihancurkan ya,” imbuh Faya bertanya-tanya.

Bila Anda melintas dari arah Jakarta ke Palimanan batu itu ada di sebelah kanan, tapi bila dari arah Cirebon ke Jakarta batu itu ada di sebelah kiri. Batu itu letaknya masuk di daerah Cirebon.

Bicara soal batu di Cipali itu, ada legenda di kalangan penduduk setempat. Konon katanya, percaya nggak percaya, batu itu tak bisa dipindahkan saat pembangunannya. Gambar batu bleneng itu pun sudah ramai beredar penampakannya.

Sudah diupayakan dibongkar tapi tak bisa. Entah alat yang terbatas atau mungkin saja, pihak pengelola sengaja menaruh batu itu sebagai hiasan jelang keluar gerbang tol Cipali.

Batu itu menurut cerita penduduk setempat dikenal sebagai batu Bleneng. Ada yang bilang batu itu peninggalan orang zaman dahulu sengaja ditaruh di situ karena menutup mata air yang bisa membuat banjir kawasan itu.

Ada lagi yang cerita batu itu tempat orang zaman dahulu bersemedi. Dan banyak lagi cerita lainnya. Di tempat batu itu juga pernah dipakai syuting acara misteri sebuah televisi.

Nah, persoalannya kini banyak yang mengaitkan urusan batu itu dengan urusan mistis dan aneh lainnya di Cipali. Lepas dari urusan soal mistis dan aneh lainnya, pastinya saat berkendara harus hati-hati. Siapkan kondisi, apalagi trek yang dilalui panjang dan jangan lupa berdoa.

(dha/gah)