Muda dan Menginspirasi

Welin Si 'Kolektor' 27 Gelar Kini Aktif Memotivasi 'Mahasiswa Abadi'

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 26 Jun 2015 13:47 WIB
Jakarta - Welin Kusuma (34) kini sudah menikmati jerih payahnya selama belasan tahun mengumpulkan 27 gelar akademik. Usianya terbilang muda untuk seseorang yang memiliki banyak gelar.

Sampai kini Welin masih dekat dengan pihak almamaternya. Kedekatan itu juga membuat Welin kerap diundang dalam acara-acara motivasi.

"Saya sering mengisi acara-acara motivasi di kampus-kampus. Biasanya saya sampaikan kalau 'impossible is nothing'. Sehingga apa pun menjadi mungkin kalau kita mau berusaha," kata Welin saat berbincang melalui sambungan telepon, Rabu (24/6/2015) malam.

Acara motivasi itu memang ditujukan untuk umum. Namun dia ingin sekali menginspirasi para mashasiswa yang seringkali menunda-nunda untuk lulus kuliah. Teringat kemudian dia ketika masih awal menapaki jenjang kuliah. Kala itu Welin tak ubahnya mahasiswa seperti yang lainnya.

"Saya dulu hobi nonton film. Sering saya marathon nonton film sampai larut malam. Lama kelamaan saya sesali juga kalau waktu hanya dihabiskan untuk nonton film. Saya kemudian terpikir, bagaimana kalau waktu menonton dialihkan untuk kuliah lagi? Pasti akan lebih banyak manfaatnya," tutur pemilik nama lengkap Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, S.Ikom, MT, MSM, M.Kn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, itu.

Ya, tak ada salahnya mencoba-coba, pikir Welin. Toh, kalau pun ternyata percobaan kuliah itu gagal, masih ada satu jurusan yang sedang dalam penyelesaian.

"Saya ingat juga waktu itu teman-teman seangkatan hobinya main game di komputer. Mereka main sampai larut malam, padahal kalau main game dikurangi pasti bisa selesai kuliah lebih cepat," kata pria kelahiran Makassar itu.

Manfaat dari perjuangan Welin mengorbankan waktu hiburan itu adalah kini dia siap ditempatkan di divisi mana pun oleh kantornya. Ini adalah perusahaan ketiga yang mengapresiasi kinerjanya, dan sejak masuk di tahun 2009 hingga kini Welin selalu menempati divisi berbeda sesuai dengan kebutuhan kantornya. (bpn/tor)