DetikNews
Jumat 26 Juni 2015, 13:33 WIB

Pebalap Sean Gelael Temui Surya Paloh, Bicara Peluang di Ajang F1

Muhammad Iqbal - detikNews
Pebalap Sean Gelael Temui Surya Paloh, Bicara Peluang di Ajang F1
Jakarta - Pebalap muda Indonesia di ajang balap Formula Renault 3.5 Sean Gelael, menemui Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh di kantor DPP NasDem, Jakarta. Dalam pertemuan itu, membicarakan soal peluang Indonesia mengikuti ajang Formula 1 di tahun yang akan datang.

"Kompetisi tidak selalu kita menangkan, bisa menang bisa kalah. Tapi spirit itu harus terus menerut bangkit lagi," ucap Surya Paloh dalam pertemuan di kantor DPP NasDem Jl RP Soearoso, Jakpus, Jumat (26/5/2015).

Dalam kesempatan itu, Sean Gelael tampil berbatik didampingi ayahnya yang juga mantan pebalap Richard Gelael. Sementara Surya Paloh menerima sendiri kehadiran Sean. "Kita sudah jauh tertinggal dibanding kemajuan bangsa lain," ujar Paloh.

"Lihat Sea Games, hanya pertandingan dari 11 negara dan Indonesia di klasemen ke-5, itu memberikan pukulan ssendiri. Itulah kewajiban kita semua, rapatkan barusan, berikhtiar. Sekarang ada bibit dalam bidang mobil sport, dengan prestasi yang sudah dicapai ada harapan berikutnya F1. Masih ada 11 lagi," imbuhnya.

Sementara ayah Sean, Richard Galael mengatakan bahwa untuk bisa berajang di formula F1 memang masih perlu proses panjang dan tidak mudah. Terutama perlu dukungan dana besar baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya dia berharap ada dorongan NasDem kepada pemerintah.

"Sudah waktunya dari Indonesia ada wakil di F1, di mana untuk masuk F1 bukan sekedar kemampuan mengemudi, tapi juga dukungan dari pemerintah karena dananya cukup besar," ucap Richardo.

Menurut Richard, Indonesia sendiri punya dua orang pebalap muda yang berpotensi bisa beradu di F1, selain Sean, ada Rio Haryanto yang lebih sering tampil di ajang balap adu cepat jet darat tersebut.

"Jadi kalau ada dari pemerintah (dukungan), mungkin 2017 atau 2018 ada wakil kita bisa di F1," imbuhnya.

"Umumnya (kendala) pendanaan. Kalau Malaysia ada Petronas dengan wakilnya di F1, India ada, Jepang Honda, kita sendiri belum ada peran yang nyata di F1," imbuhnya.
(miq/fiq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed