Sukses Amankan Pemilu 2014, Polri Dicontoh Kepolisian Myanmar

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 10 Jun 2015 10:59 WIB
Jakarta - Kepolisian Myanmar memuji Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang dinilai sukses mengamankan Pemilu 2014 lalu dengan tertib dan aman. Pola pengamanan Polri dalam mengawal suksesi Pemilu 2014 pun ditiru oleh Kepolisian Myanmar.

"Kami ingin melihat bagaimana Polri melakukan pengamanan pemilu sehingga pemilu di Indonesia yang lalu terselenggara dengan baik dan aman. Sangat bagus sekali, tidak ada konflik yang berkepanjangan," kata Security Police Command Myanmar, Brigjen Mya Win kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Kepolisian Myanmar sendiri tengah bersiap melakukan pengamanan pemilu di Negaranya yang akan terselenggara pada September 2015 mendatang.

Menurut Win, situasi politik di Indonesia dengan Myanmar tidak jauh berbeda. Sehingga, Kepolisian Myanmar ingin menerapkan pola pengamanan yang diterapkan Polri dalam penanganan Pemilu di Negaranya.

"Kondisi di sana dan di sini mirip sekali. Di samping itu, Kepolisian Myanmar sudah lama menjalin kerjasama dengan Polri," ujarnya.

Sekitar 20-an polisi Myanmar berkunjung ke Polda Metro Jaya. Mereka melihat secara langsung pelatihan dan simulasi Kepolisian Daerah Metro Jaya yang digelar di depan lapangan Lalulintas.



(mei/ndr)