Mengintip Tulisan Tangan Jokowi-JK di Buku Tamu Museum Kepresidenan

Moksa Hutasoit - detikNews
Jumat, 05 Jun 2015 14:37 WIB
Jakarta -

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berkunjung ke Museum Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, usai salat Jumat hari ini. Ada yang menarik di daftar tamu museum yang diisi oleh RI-1 dan RI-2.

Bersandal jepit, Jokowi dan JK datang ke museum dengan tertib layaknya pengunjung biasa. Begitu tiba di museum, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna dominan cokelat langsung menuju meja resepsionis untuk mengisi buku tamu. JK yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna dominan merah muda plus peci mengantre di belakang Jokowi. Kedua pemimpin Indonesia itu mengisi buku tamu dengan tulisan tangan sendiri.

Buku tamu itu terdiri dari 7 kolom. Ada kolom nomor, tanggal kedatangan, nama, alamat, telepon/email, jumlah pengunjung, dan tanda tangan. Ada yang menarik dalam isian buku tamu Jokowi dan JK.

Jokowi mengisi daftar kehadiran nomor 3. Di daftar hadir nomor 1, ada nama Dra Asmawati yang berasal dari SMP N 1 Sunggal Deli Serdang dan Susilo Joko R dari SMA N 1 Purwantoro di nomor 2.

Di kolom tanggal kedatangan, Jokowi menuliskan 5 Juni. Lalu, mantan Gubernur DKI itu menuliskan namanya di kolom nama. Di kolom alamat, Jokowi menuliskan Indonesia. Kolom nomor telepon dan jumlah pengunjung dikosongkan, lalu Jokowi membubuhkan tanda tangan di kolom yang disediakan.

Wapres JK yang mengisi setelah Jokowi hanya menuliskan tanda petik di kolom tanggal, simbol kedatangannya di waktu yang sama dengan Jokowi. Di kolom nama, RI-2 menulis Jusuf Kalla. Nah, di kolom alamat, JK berbeda dengan Jokowi, pria asal Makassar itu menulis JKT. Kolom nomor telepon dan jumlah pengunjung juga dikosongkan, JK langsung melompat ke kolom tanda tangan.

Di bawah daftar kehadiran Jokowi dan JK, ada dua wartawan yang ikut mengisi buku tamu.

Setelah mengisi buku tamu, Jokowi dan JK lalu berkeliling museum. Namun kunjungan keduanya tertutup untuk awak media. Setelah puas bekeliling, mereka pun kembali ke dalam Istana Bogor.

Pemandu museum, Nabiha menjelaskan Jokowi-JK memang sempat berkeliling ke ruangan ‎tempat penyimpanan barang-barang pribadi presiden.



(trq/try)