DetikNews
Jumat 29 Mei 2015, 06:18 WIB

Sopir Taksi Ini Kembalikan Uang Penumpang AUD 10 Ribu

Mulya Nurbilkis - detikNews
Sopir Taksi Ini Kembalikan Uang Penumpang AUD 10 Ribu
Jakarta -

Sikap jujur sopir taksi ini patut ditiru. Ia mengembalikan uang penumpang yang tertinggal di jok belakang taksinya.

Adalah Suharto, sopir taksi Express yang mengembalikan uang milik penumpangnya pada Rabu (27/5/2015) dini hari. Saat itu, Suharto sedang mencari penumpang dengan menyusuri Jalan Casablanca, Jakarta Selatan. Sepasang pria dan wanita lalu menyetop taksinya dan meminta diantar ke Apartemen Sudirman Park, Jakarta Pusat.

Seorang penumpang duduk di depan, dan seorang lainnya duduk di belakang. Setelah sampai di tujuan, penumpang ini memberikan uang pembayaran. Suharto lantas kembali melajukan taksinya tanpa firasat apapun. Karena hari sudah larut, ia berencana langsung pulang ke rumahnya di daerah Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel.

Saat tiba di rumah, ia beristirahat sejenak dan melaksanakan salat subuh. Saat itulah ia ditelepon pihak kantor untuk menanyakan barang penumpang yang ketinggalan. Ia diberi tahu bahwa dalam tas tersebut ada uang senilai Rp 100 juta lebih milik penumpang yang diketahui bernama Leonard Dela Torre.

"Pas saya cek, ternyata memang ada tas ketinggalan di jok belakang penumpang. Alhamdulillah rejeki mereka. Saya informasikan ke kantor dan langsung saya bawa ke pool di Ciganjur untuk dikembalikan," ucap Suharto saat berbincang dengan detikcom, Kamis (28/5/3015) malam.

Tas kulit berbentuk selempang itu langsung dibawanya ke pool taksi di Ciganjur. Ia pun tak berani membuka tas tersebut hanya sekedar memastikan isi tas sama seperti yang diinfokan petugas kantornya.

Setibanya di kantor, ia langsung menemui petugas operator dan meyerahkan tas itu. Di situlah Suharto melihat isi tas yakni power bank, beberapa kartu dan 100 lembar uang pecahan Dollar Australia nominal 100 atau AUD 10 Ribu ( Rp 102 juta dengan kurs Rp 10.109) . Oleh Leonard, ia diminta untuk mengembalikan uang itu ke Apartemen Sudirman Park saat itu juga.

Begitu sampai di apartemen Sudirman Park, ia langsung ditemui Leonard dan rekannya Willis Nam. Penyerahan barang-barang itu disaksikan oleh petugas keamanan apartemen.

"Mereka mengetahui plat nomor mobil dari CCTV apartemen dan melapor ke kantor," terangnya.

Suharto mengatakan bahwa kedua penumpangnya itu sangat berterima kasih tas tersebut dikembalikan secara utuh tanpa kurang satu apapun. Sebagai ucapan terimakasih, Leonard memberinya AUD 200.

Apresiasi atas kejujuran Suharto pun disampaikan Leonard. Ia berterimakasih atas sikap kooperatif dari pihak taksi Express sehingga uang yang akan digunakan untuk biaya penyembuhan orang tuanya bisa kembali dengan utuh.

"Karyawan Express Group sangat sigap dalam membantu meskipun kami merasa tidak akan menemukan tas itu kembali. Terima kasih atas pelayanan yang baik,” kata Leonard seperti dikutip dalam keterangan pers taksi Express.




(Mulya Nurbilkis/Ferdinan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed