DetikNews
Jumat 22 Mei 2015, 16:53 WIB

<I>Groundbreaking</I> Pelabuhan Baru Makassar, Jokowi: Kita Harus Kembali ke Laut

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
<I>Groundbreaking</I> Pelabuhan Baru Makassar, Jokowi: Kita Harus Kembali ke Laut (Foto: M Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Untuk memajukan perekonomian bangsa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pemerintah harus kembali memperhatikan lautnya, dengan konektifitas antar pulau guna menekan harga-harga dan memunculkan daya saing, khususnya di wilayah timur Indonesia. Jokowi yang melakukan peresmian groundbreaking New Port Makassar atau Pelabuhan Baru Makassar di Pelabuhan Makassar, Jumat (22/5/2015).

"Benar kita harus kembali ke laut, dua pertiga wilayah kita adalah perairan, yaitu dengan konektifitas antar pulau, yang paling murah hanya lewat laut, dengan tol laut. Cost transportasi murah, logistik murah dan harga-harga lebih murah," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menambahkan, pemerintah saat ini memperhatikan secara khusus pembangunan pelabuhan di kawasan timur Indonesia.

"Kita akan selesaikan 3 sampai 4 tahun, di bagian timur mesti ada suntikan dana, tidak seperti di Jakarta, Pelindo 2, di sana tidak pakai penyertaan modal pemerintah karena sudah untung, nantinya semua harga-harga bisa tertekan turun, masyarakat diuntungkan," pungkas Jokowi.

Selain groundbreaking New Port of Makassar, turut diagendakan revitalisasi 9 pelabuhan yakni Makassar, Kendari, Ambon, Sorong, Bitung, Merauke, Fak-fak, Tarakan dan Ternate, yang diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 2 triliun dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN). Selain itu pula, juga diresmikan rute toll laut Bitung-Belawan dan Belawan-Makassar.

Dalam kunjungannya ke Makassar, selain didampingi Ibu Negara Iriana, Jokowi juga didampingi Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar Ramdhan Pomanto.




(Muhammad Nur Abdurrahman/Triono Wahyu Sudibyo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed