detikNews
Senin 11 Mei 2015, 09:10 WIB

#SaveSiJambulKuning, Apa Sih Hebatnya Memelihara Hewan Langka di Rumah?

- detikNews
#SaveSiJambulKuning, Apa Sih Hebatnya Memelihara Hewan Langka di Rumah?
Jakarta - Terungkapnya kasus penjualan Kakatua Jambul Kuning semakin membuka mata. Ada pangsa pasar hewan langka di negeri ini. Ada orang-orang yang merasa hebat, merasa keren, dan merasa bangga memelihara hewan langka di rumahnya.

Padahal, semestinya disadari, hewan-hewan itu terancam punah. Generasi masa depan pun terancam tak tahu yang namanya, misalnya Kakatua Jambul Kuning.

Tak heran, seruan agar hewan langka diserahkan ke pemerintah untuk direhabilitasi kemudian dilepasliarkan mengemuka. Mulai dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, sampai Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo.

Lewat gerakan #SaveSiJambulKuning semestinya menjadi pijakan bagi masyarakat untuk mengembalikan hewan langka yang dimilikinya ke pemerintah. Habitat hewan langka yang terancam punah bukan di rumah-rumah, mereka mesti dilepasliarkan untuk berkembang biak.

Bila ingin menikmati keindahan hewan langka itu, tinggal datang saja ke kebun binatang atau ke pusat penangkaran. Toh biasanya para pemilik atau kolektor hewan langka ini mereka yang memiliki uang. Jadi jangan karena ego ingin keren malahan hewan eksotis dan langka punah.

"Bagi sahabat, masyarakat yang memang sudah terlanjur memelihara tanpa izin, dengan sadar dan ikhas agar menyerahkan (ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau BKSDA)," kata ketua komisi IV Edhy Prabowo kepada detikcom, Minggu (10/5).

Ayo selamatkan hewan langka keanekaragaman hayati Indonesia dari kepunahan.


(ndr/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com