Razia di Jl Jaksa, 5 WNA Diamankan Petugas Imigrasi

- detikNews
Selasa, 05 Mei 2015 23:27 WIB
WN Nigeria yang diamankan di Jl Jaksa
Jakarta - Dua tim dari Imigrasi Jakarta Pusat dikerahkan untuk melakukan razia dokumen bagi para WNA di Jl Jaksa, Jakarta Pusat. Mereka menyisir kawasan tersebut dari 2 sisi yang berbeda.

Dari hasil penyisiran itu, diamankan 5 WNA yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen. Mayoritas mereka tengah duduk-duduk di kafe di sepanjang Jalan Jaksa yang merupakan kawasan hiburan malam di Jakarta.

Kasubsi Penindakan Imigrasi Jakarta Pusat, Adi Ridwan mengatakan, 5 WNA itu berasal dari Italia, Kamerun, Nigeria dan 2 orang WN Austria.

"1 Perempuan dari Italia," ujar Ridwan di Jl Jaksa, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Mereka dimasukkan ke dalam mobil petugas dan dibawa ke Kantor Imigrasi Jakarta Pusat di Kemayoran. Selain itu, ada 2 WN Amerika Serikat yang juga dibawa dengan mobil petugas.

Namun mereka mengaku memiliki dokumen lengkap. Hanya saja, 2 orang tersebut meninggalkan dokumen itu di apartemen mereka.

"Kita kawal mereka untuk tunjukkan dokumennya. Kalau nggak bisa nunjukin, kita amankan," ujar Ridwan.

Para WNA yang diamankan itu akan diperiksa lebih lanjut. Jika mereka melanggar izin tinggal, tak menutup kemungkinan pihak Imigrasi Jakarta Pusat akan membawa mereka ke ranah pidana.

"Kemungkinannya dua. Kalau nggak pidana, ya deportasi," tutup Ridwan.

(kff/imk)