DetikNews
Jumat 24 April 2015, 17:24 WIB

Cerita Kombes John Hendri yang Tolak Suap Miliaran Rupiah dari Kapal Illegal Fishing

- detikNews
Cerita Kombes John Hendri yang Tolak Suap Miliaran Rupiah dari Kapal Illegal Fishing
Jakarta - Penanganan aksi penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) dari kapal-kapal asing kini digalakkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menanggapi aksi itu, pejabat Markas Besar Kepolisian Negara RI (Polri) juga bercerita pengalamannya menolak suap dari kapal-kapal asing.

"Saya dulu adalah Kepala Satpol Air di Kalimantan Barat. Saya waktu itu menangkap 134 kapal asing," kata Kepala Bagian Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Mabes Polri, Kombes Pol John Hendri, Jumat (24/4/2015).

John berbicara dalam diskusi yang diadakan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) bertajuk 'Quo Vadis Penegakkan Hukum di Indonesia: Antara Cita dan Fakta', di Jalan Turi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"‎Saya ditawari mengubah pasal (perizinan) dari (kapal) perikanan menjadi pelayaran. Rp 5 M dari satu kapal," lanjut John.

Namun John menolak suap perizinan dari kapal-kapal itu. Meski tawarannya fantastis,‎ namun John menolaknya karena teringat kisah sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Umar bin Khatab. Memang banyak yang tak suka dengan sikap John ketika menolak suap itu.‎

Kisah yang dimaksud adalah seorang penggembala kambing yang dimintai satu kambing saja. Bila hanya satu dari sekian banyak kambing yang diambil, disembelih, dan dimakan, maka bos penggembala tak akan tahu. Namun si penggembala kambing ‎itu menolaknya.

"‎Si penggembala bilang, 'Bosku nggak tahu, tapi yang menghidupkan bosku (Tuhan) pasti tahu.' Penggembala kambing nggak mau memberikan satu saja kambingnya.‎ Akhirnya penggembala kambing jadi menantunya (Umar). Itulah iman," kisah John.

‎"Demi Allah, 134 kapal illegal‎ fishing. Sekarang (problema serupa) sedang diobok-obok oleh Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan). Saya berdoa, Ya Allah biarlah makhluk seisi alam nggak suka kepadaku tapi engkau suka Ya Allah," kata John.

Diskusi ini sesekali diiringi tawa para hadirin yang terkekeh-kekeh. Hadir pula Penasihat KPK Suwarsono, Staf Ahli Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Sumarno, dan hakim Mahkamah Konstitusi Wahdiduddin Adams.

  • Cerita Kombes John Hendri yang Tolak Suap Miliaran Rupiah dari Kapal Illegal Fishing
  • Cerita Kombes John Hendri yang Tolak Suap Miliaran Rupiah dari Kapal Illegal Fishing

(dnu/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed