DetikNews
Minggu 19 April 2015, 14:36 WIB

Ahok Ingin Warga Betawi Setu Babakan 'Wakafkan' Tanah ke Pemerintah

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Ahok Ingin Warga Betawi Setu Babakan Wakafkan Tanah ke Pemerintah Ahok di Setu Babakan/Adit-detikcom
Jakarta -

Setu Babakan adalah perkampungan yang menjadi pusat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Namun jika ada warga setempat yang berniat menjual tanahnya, Gubernur Ahok berpesan agar dijual saja ke pemerintah.

"Kami ingin masyarakat nantinya kalau bisa setengah 'mewakafkan' tanahnya sekitar 200 hektar agar dijual ke pemda, agar dikelola dengan benar, daripada sedikit-sedikit dijual ke orang-orang lama-lama nanti habis," pidato Ahok saat membuka Pagelaran Seni Budaya Betawi Yayasan Benyamin Sueb bertempat di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (19/4/2015).

Jika tanah dijual ke pemerintah, maka Ahok berjanji akan mengelolanya untuk melestarikan budaya Betawi, misalnya dengan menanam pohon-pohon khas Betawi seperti pohon menteng dan semanggi.

"Nggak tahu kan pohon menteng seperti apa? Itu pohoh lho," ujar Ahok yang mengenakan baju khas Betawi.

Perkampungan Betawi yang dikelola Pemprov DKI Jakarta baru 32 hektar dari ratusan hektar perkampungan di Setu Babakan.

Mengawali pidatonya, Ahok menyapa hadirin dengan gaya khas orang Betawi yaitu mengucap 'assalamuallaikum' sambil mengangkat tangannya.

"Saya dulu suka sekali menonton film-filmnya Benyamin. Tapi kalau saya disuruh nyanyi lagu Benyamin saya nggak bisa soalnya saya nggak bisa nyanyi," ujarnya.

Ahok juga mengajak hadirin mendoakan Mpok Nori, salah satu seniman Betawi yang baru saja berpulang.

Acara pagelaran Betawi diisi dengan aneka pertunjukan budaya Betawi seperti musik samrah, tari topeng, palang pintu, keroncong, gambus dan gambang kromong. Masyarakat gembira menyambut Ahok, banyak yang minta bersalaman dan foto bersama. Acara ini juga dihadiri oleh Walikota Jaksel, perwakilan Bens Radio, dan Ketua Yayasan Benyamin Sueb yaitu Beno Rahmat Benyamin.


(nrl/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed