DetikNews
Sabtu 18 April 2015, 00:51 WIB

Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir

- detikNews
Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir
Jakarta - Landasan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, menjadi pusat perhatian hingga dunia internasional saat menjadi Posko Utama SAR AirAsia. Kini setelah operasi pencarian dan evakuasi QZ8501 usai, Lanud Iskandar kembali sepi.

Selama kurang lebih 1 bulan sejak akhir tahun 2014, Lanud TNI AU tersebut diramaikan oleh orang-orang yang datang dari berbagai instansi. Mulai dari Basarnas, personel TNI gabungan, polisi, awak media baik dari media nasional hingga media internasional, serta relawan-relawan yang mendirikan tenda bantuan untuk memberikan logistik bagi semua yang beraktivitas di Lanud saat itu.

Berbagai pesawat dan helikopter tak henti-hentinya take off dan landing di Lanud yang dipimpin oleh Letkol Pnb Jhonson Simatupang itu. Bahkan pesawat dan helikopter canggih bantuan dari luar negeri seperti pesawat helikopter Amerika Serikat Seahawk. Kemudian Pesawat Orion Korsel anti kapal selam, dan Pesawat Amfibi Beriev BE-200 milik Rusia.

Evakuasi korban hampir semuanya dibawa melalui Lanud Iskandar dari laut yang kemudian kembali diterbangkan ke Surabaya. Para petinggi pun hilir mudik datang dan pergi di Lanud Iskandar untuk memantau operasi SAR. Relawan dan jurnalis dari luar negeri juga berbaur bersama di Lanud Iskandar.

Kini, keadaan seperti itu tak lagi bisa ditemukan. Saat berkesempatan berkunjung ke Lanud Iskandar, Kamis (16/4) kemarin, detikcom tak melihat ada aktivitas. Keadaannya sangat sepi, hanya ada 1 atau 2 orang petugas yang berjaga di kawasan Lanud. Tenda-tenda pun sudah tak nampak. Bahkan tak ada satu pun pesawat yang ada di landasan.

Menurut Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Jhonson, aktivitas di Lanud Tipe C tersebut memang sudah kembali normal. Lanud Iskandar kembali sepi apalagi jika tak ada aktivitas atau kegiatan. Meski begitu, kata Jhonson, ada perbedaan yang dirasakan setelah operasi SAR AirAsia selesai dilakukan.

"Ya sekarang kembali normal, sepi kalau nggak ada kegiatan. Tapi ada bedanya, Lanud Iskandar yang tadinya nggak diketahui banyak orang sekarang jadi dikenal masyarakat, bahkan sampai masyarakat luar negeri," ungkap Jhonson saat ditemui di kantornya.

Pria satu anak ini mengaku merindukan masa-masa saat Lanud Iskandar ramai. Namun bukan soal tragedinya. Ia mengaku rindu akan semangat gotong royong dari berbagai pihak yang bahu membahu bekerja tanpa pamrih untuk menemukan korban pesawat yang jatuh di Selat Karimata pada 28 Desember 2014 itu.

"Kangen sebenernya, tapi bukan kangen karena masalahnya. Saya rindu saat sama-sama bekerja dengan teman-teman, kami gotong royong tanpa mengenal dari golongan mana. Di sini juga jadi ramai, masyarakat datang, adik-adik media, semua senasib semenanggungan," kata Jhonson.

Terlepas dari itu, Jhonson mengaku sedikit kecewa karena dalam acara syukuran selesainya operasi SAR AirAsia yang diadakan Pemkab Kotawaringin pada Rabu (15/4) lalu, Lanud Iskandar sendiri kurang mendapat perhatian. Dalam acara tersebut Basarnas memang memberikan gelar warga kehormatan kepada 6 orang yang dianggap berjasa, yaitu Bupati Kotawaringin Barat, Wagub Kalteng, Kapolda Kalteng, dan 3 nelayan setempat.

"Ya memang agak aneh saja. Posko utamanya kan dulu di Lanud Iskandar dan itu bukan keinginan sepihak dari TNI tapi perintah dari Basarnas yang memindahkan Posko dari Tanjung Pandan ke Pangkalan Bun. Tapi ya sudahlah, yang jelas kami membantu tanpa ada harapan mendapat apa-apa," tutur penerbang F-16 itu.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kabasarnas Marsdya FHB Soelistyo mengatakan pemberian gelar warga kehormatan bagi tokoh-tokoh TNI akan menyusul. Hanya saja memang agak sedikit ganjil saat pemberian penghargaan kepada tuan rumah Posko utama tidak dilakukan pada kesempatan pertama seperti terhadap 6 orang lainnya.


  • Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir
  • Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir
  • Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir
    Lanud Iskandar sepi dan tak banyak aktivitas
  • Lanud Iskandar Pangkalan Bun yang Kembali Sepi Usai SAR AirAsia Berakhir
    Lanud Iskandar sepi dan tak banyak aktivitas

(ear/kha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed