DetikNews
Kamis 16 April 2015, 07:26 WIB

Anggota Satuan Elite Basarnas akan Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

- detikNews
Anggota Satuan Elite Basarnas akan Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa Tim SAR menerima piagam penghargaan.
Pangkalan Bun, - Sejumlah anggota Basarnas Special Group (BSG) akan mendapat kenaikan pangkat luar biasa. Ini menyusul atas keberhasilan tim dalam operasi SAR Pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu.

"Anggota BSG saya, cukup banyak jumlahnya saya lupa tepatnya, sedang dalam proses kenaikan pangkat luar biasa," ungkap Kabasarnas Marsdya FHB Soelistyo di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalteng, Rabu (15/4/2015).

BSG sendiri merupakan satuan khusus di Basarnas. Meski begitu, proses kenaikan pangkat terhadap sejumlah anggota BSG sedang diajukan ke Kementerian Pertahanan pasalnya sebagai Kabasarnas, Soelistyo tidak memiliki wewenang untuk memutuskan.

"Tidak sama dengan TNI, Panglima TNI bisa punya wewenang penuh untuk memutuskan. Kenaikan pangkat ini sedang diajukan ke Kemenhan," kata Soelistyo.

"BSG itu kalau di TNI satuan pasukan pemukul reaksi cepat. Mereka ditempatkan di kantor pusat dengan kemampuan dan alat yang lebih dibandingkan anggota Basarnas biasa. Grup ini akan diperbesar dengan anggaran yang ini," sambung Marsekal Bintang 3 itu.

Saat ini Basarnas memiliki 59 anggota BSG dan rencananya Soelistyo akan menambah jumlah personel satuan khusus tersebut. Namun karena tingkat kualifikasi yang cukup tinggi, Kabasarnas memperkirakan jumlah anggota BSG nantinya menjadi sekitar 100 orang.

"Sekarang jumlahnya ada 50 nanti kita akan perbesar, dan nanti akan dipusatkan. Supaya saya bisa mudah berkoordinasi saat harus mengirim rescuer ke tempat yang membutuhkan SAR. Kalau totalnya jadi 100, itu sipil semua. Kalian harus bangga," jelas Soelistyo.

Kabasarnas siang tadi juga meresmikan Kantor Pos SAR untuk wilayah Kotawaringin Barat. Pos SAR ini menempati satu rumah Dinas Pejabat Pemda yang sudah lama tak digunakan.

Secara bergantian, anggota Basarnas akan bertugas dengan sistem sift di mana Pos SAR juga akan melibatkan dari unsur lain. Lokasi Pos SAR tersebut hanya semantera hingga nantinya Basarnas akan membangun Pos SAR milik sendiri.

"Akan ada 6 personel yang selalu siaga 24 hours dengan BNPT, pemadam kebakaran. Anggarannya masuk di Kantor SAR Banjarmasin. Kami kan juga tadi mengangkat anggota kehormatan yang peran dan fungsi jadi duta," tutur penerbang TNI AU tersebut.

Para anggota kehormatan Basarnas ini, termasuk nelayan, diharapkan dapat membantu tim rescuer. Selain 3 nelayan saksi kunci, Bupati Kobar Ujang Iskandar, Wagub Kalteng, Kapolda Kalteng, Danlanud Iskandar Letkol Jhonson Simatupang beserta sejumlah tokoh lainnya diangkat Kabasarnas sebagai warga kehormatan.

"Diharapkan dengan adanya anggota kehormatan ini kita bisa lebih siap, karena bisa memonitor di daerah masing-masing, mereka akan memberikan masukan. Saya tentu akan mendengarkan. Perbaikan akan kita lakukan jika memang ada yang kurang," tutup Soelistyo.

  • Anggota Satuan Elite Basarnas akan Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa
    Tim SAR menerima piagam penghargaan.
  • Anggota Satuan Elite Basarnas akan Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa
    Tim SAR menerima piagam penghargaan.

(ear/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed