Jalani 7 Jam Pemeriksaan, Suryadharma Dicecar Soal Batasan Tugas Menteri

- detikNews
Rabu, 15 Apr 2015 17:42 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Eks Menteri Agama, Suryadharma Ali baru saja selesai menjalani pemeriksaan perdana usai ditahan terkait kasus korupsi dana haji. Selama tujuh jam diperiksa Suryadharma dicecar terkait batasan tugas sebagai menteri agama.

"Baru ditanya soal struktur organisasi kementerian saja, belum masuk pokok perkara," kata Suryadharma di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (14/4/2015).

Pengacara Suryadharma, Andreas Nahot Silitonga yang mendampingi pemeriksaan kliennya menjelaskan bahwa materi pemeriksaan kali ini berkutat ke tugas SDA sebagai Menag. Sebagaimana diketahui, eks Ketum PPP itu memang disangka telah menyalahgunakan wewenang saat menjabat sebagai menteri agama.

"Pemeriksaan baru di awal juga, belum masuk ke pokok materi. Masih jelaskan apa-apa yang jadi tugas dan kewenangan menteri, termasuk juga struktur di sana," jelas Andreas.

SDA disangka telah melakukan korupsi dan menyalahgunakan wewenang dalam pengelolaan dana ibadah haji tahun 2011-2012 dan 2012-2013. Beberapa hal yang disalahgunakan antara lain soal kuota jamaah, penginapan, transportasi dan catering selama di tanah suci



(kha/fjr)