DetikNews
Selasa 14 April 2015, 07:34 WIB

Kompolnas Minta Bareskrim Terbuka Soal Pengembalian Berkas Komjen BG

- detikNews
Kompolnas Minta Bareskrim Terbuka Soal Pengembalian Berkas Komjen BG
Jakarta - Kejaksaan Agung melimpahkan berkas Komjen Pol Budi Gunawan (BG) ke Bareskrim Polri. Kompolnas meminta agar Bareskrim terbuka dalam menyikapi pelimpahan berkas tersebut.

"Kompolnas minta agar Bareskrim hati-hati dan terbuka dalam menyikapi pengembalian berkas perkara BG dari Kejagung," kata Komisioner Kompolnas M Nasser, dalam pesan singkat yang diterima, Selasa (14/4/2015).

Menurut Nasser, Bareskrim pada prinsipnya harus membuat gelar perkara yang lengkap dengan mengundang KPK, Kejaksaan, PPATK dan Kompolnas. Digali dari aspek yuridis apakah ada fakta hukum yang bisa jadi bukti awal penetapan tersangka atau tidak.

"Kajian ini justru penting paling tidak untuk mlihat tiga hal, apakah KPK sudah bekerja sesuai UU atau tidak? Ini penting sebagai bagian dari upaya koreksi terhadap personil yang menyimpang," jelas Nasser.

Poin kedua jika ada temuan-temuan maka dapat digunakan untuk prbaikan ke depan khususnya sebagai masukan dalam rekrutmen pimpinan KPK yang baru. Ketiga bisa menjadi sarana pemantapan kerjasama dalam supervisi dan monitoring perjara korupsi.

"Perlu diingat bahwa KPK masih sangat penting untuk republik ini sekarang, jadi harus diselamatkan bersama dari personil yang menyimpang," tutur Nasser.

"Ini kesempatan baik untuk memperlihatkan bahwa Polri tidak membalas dendam atau berniat negatif namun justru memanfaatkan momentum untuk mempererat kerjasama dalam pemberantasan korupsi," imbuhnya.


  • Kompolnas Minta Bareskrim Terbuka Soal Pengembalian Berkas Komjen BG
  • Kompolnas Minta Bareskrim Terbuka Soal Pengembalian Berkas Komjen BG

(rna/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed