DetikNews
Jumat 10 April 2015, 18:24 WIB

Pembangunan MRT

Begini Cara Kerja Bor Raksasa yang Akan Melubangi Perut Jl Sudirman-Thamrin

Salmah Muslimah - detikNews
Begini Cara Kerja Bor Raksasa yang Akan Melubangi Perut Jl Sudirman-Thamrin Foto: Bor raksasa MRT
Jakarta - Bor raksasa berdiameter 6,65 meter sepanjang 90 meter akan mengebor terowongan MRT di Jl Sudirman hingga Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ada empat bor raksasa bernama Tunnel Boring Machine (TBM) yang akan didatangkan dari Jepang, bagaimana cara kerjanya?

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M Nasir mengatakan TBM akan mulai didatangkan akhir Mei atau awal Juni 2015 mendatang. TBM dikirim menggunakan kapal laut dari Jepang ke Tanjung Priok.

TBM yang didatangkan itu masih berbentuk komponen-komponen dan akan dirakit di lubang yang sudah disiapkan. Lubang pertama di Bundaran HI dan kedua di Bundaran Patung Pemuda Senayan.

"Dua TBM akan bergerak dari utara mulai dari Bundaran HI, sedangkan dua TBM lainnya akan bergerak dari selatan mulai Patung Pemuda Senayan. Ketemuanya di Setia Budi," ucap Nasir kepada detikcom di lokasi proyek MRT di kawasan Patung Pemuda, Jumat (10/4/2015).

Lubang tempat menaruh TBM itu memiliki kedalaman 12 meter dan lebarnya 16 meter. TBM akan diletakkan berdampingan, namun pengeborannya tidak dilakukan bersamaan.

"Bor pertama jalan, lalu satu bulan kemudian bor kedua jalan. Bergeraknya beda karena persoalan teknis," jelas Nasir.

2 TBM di Patung Pemuda akan mengebor bawah tanah di Jl Sudirman. Mata bor ini bisa mengeluarkan air agar tanah menjadi lunak. Cutter heat TBM yang berada di bagian depan ini bisa berputar secara simultan dan akan menggerus tanah secara berlahan.

Tanah hasil bor akan ditampung di bagian mixing chamber lalu diangkut menggunakan screw conveyor dan diteruskan ke belt conveyor. Dari belt conveyor tanah hasil pengerusan diangkut ke workshop menggunakan kereta-kereta kecil. Alat ini juga bisa memasang segmen beton untuk menyangga terowongan yang telah dibuatnya.

"Ada bagian TBM untuk menampung tanah hasil pengeboran," ucap Nasir.

Panjang jalan yang akan dibor oleh TBM dari Patung Pemuda ke Bundaran HI adalah sepanjang 5,9 km. Hasil bor TBM itu akan digunakan untuk jalur kereta bawah tanah MRT, di mana akan ada 6 stasiun bawah tanah yang akan dilalui oleh kereta. Keenam stasiun tersebut adalah Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setia Budi, Dukuh Atas dan Bundaran HI.

Nasir mengatakan Bundaran Patung Pemuda merupakan titik transisi rute MRT dari bawah tanah menuju layang. MRT yang melaju dari Bundaran HI hingga Patung Pemuda akan berada di bawah tanah dan akan menanjak sedikit demi sedikit ke arah Sisingamangaraja.

"Kereta MRT akan terlihat di depan Taman Mataram, itu puncak naiknya ke jalur atas," jelas Nasir.


(slm/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed