DetikNews
Kamis 09 April 2015, 17:24 WIB

Pembangunan MRT

Bor Raksasa MRT akan Mulai Melubangi Perut Jl Sudirman Pada Agustus

Nala Edwin - detikNews
Bor Raksasa MRT akan Mulai Melubangi Perut Jl Sudirman Pada Agustus Foto: Pengerjaan Proyek MRT di Patung Pemuda
Jakarta -

Bor raksasa untuk proyek MRT akan mulai mengebor pada bulan Agustus. Komponen bor dengan panjang 90 meter dan lebar 6,65 meter ini akan didatangkan dari Jepang secara terpisah kemudian dirakit dan mulai mengebor di Patung Pemuda Membangun di Senayan, Jakarta Selatan.

"Kami akan mulai pengeboran minggu pertama atau minggu kedua Agustus, hampir bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan RI," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M Nasir saat ditemui detikcom di proyek MRT di Patung Pemuda, Kamis (9/4/2015).

Nasir mengatakan bor ini akan datang pada Juni mendatang. Lalu hingga Agustus bor akan dirakit. "Butuh waktu untuk merakitnya," katanya.

Saat ini para pekerja masih mengerjakan site pengeboran di Patung Pemuda. Bagian bawah patung ini sudah dikeruk sehingga membuat ruang berbentuk segi empat di bawahnya. Kedalaman ruangan ini sekitar dua lantai gedung bertingkat.

Air mancur dan juga taman di sekeliling patung bersejarah ini sudah dibongkar. Patung ini melayang dengan ditopang baja-baja proyek MRT. Rencananya bor ini akan bergerak dari Patung Pemuda Senayan menuju arah Bundaran HI. Bor raksasa ini juga akan menembus bagian bawah Sungai Ciliwung di Jl Sudirman sebelum mencapai Bundaran HI.


(nal/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed