DetikNews
Kamis 09 April 2015, 14:20 WIB

Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk 'Markas' Bor Raksasa MRT

Nala Edwin - detikNews
Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk Markas Bor Raksasa MRT
Jakarta - Bor raksasa MRT segera didatangkan untuk membuat jalur bawah tanah angkutan massal ini di sepanjang Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Bor ini akan mulai bekerja di bawah Patung Pemuda Senayan, Jakarta Pusat.

Saat ini para pekerja masih bekerja masih bekerja untuk membuat tempat pengerjaan bor raksasa bernama Tunnel Boring Machine (TBM) ini. Sebuah lubang dengan kedalaman sekitar dua lantai gedung bertingkat sudah dibuat di sekitar patung bersejarah ini.

"Nanti kita akan mulai bor dari Patung Pemuda terus ke arah Bundaran HI," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M Nasir di lokasi konstruksi di Patung Pemuda kepada detikcom, Kamis (9/4/2015) pukul 11.00 WIB.

Di lokasi ini terlihat 20 pekerja yang melakukan penyelesaian lokasi penempatan bor raksasa ini. Mereka menggali di sisi-sisi lokasi tersebut. Terlihat ada sebuah eskavator kecil sedang menggali di sisi bangunan konstruksi ini.

"Bor ini tidak datang dalam keadaan utuh, tapi per bagian. Nanti bornya kita rakit di lokasi ini," katanya.

Tamu yang masuk ke lokasi ini harus memakai helm proyek dan rompi untuk keselamatan. Ada besi-besi melintang di bagian atas lubang besar ini. Untuk berjalan di atas lubang ini para pekerja menggunakan alat pengaman berupa kait yang diikatkan di tali yang sudah dipasang di tepian konstruksi.

Bor raksasa MRT buatan Jepang ini memiliki panjang 90 meter dan lebarnya mencapai 6,65 meter. Bor berbentuk silinder dengan mata bor yang ada di ujungnya berbentuk lingkaran. Mata bor ini berputar menggerus lapisan tanah yang ada di bagian depannya.

Sebelum melakukan pengeboran alat ini harus diturunkan di kedalaman yang sudah ditentukan. Bor ini kemudian dirakit di lokasi penurunan tersebut. Area penurunan bor ini akan jadi lokasi workshop sekaligus area penurunan material galian. Tempat ini juga akan jadi penyuplai material berupa segmen beton ke TBM.

Setelah mengebor sejauh beberapa meter, bor raksasa ini bisa langsung memasang segmen beton untuk menyangga terowongan yang telah dibuatnya. Satu segmen beton meliki panjang 1,2 meter, lebar 4,2 meter dan tebal 30 cm. Untuk membuat satu lingkaran dibutuhkan 6 segmen beton. Segmen beton ini dipasang menggunakan crane yang ada di dalam bor ini.

  • Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk Markas Bor Raksasa MRT
  • Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk Markas Bor Raksasa MRT
  • Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk Markas Bor Raksasa MRT
  • Penampakan Kaki Patung Pemuda yang Dibolongi untuk Markas Bor Raksasa MRT

(nal/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed