detikNews
Jumat 27 Maret 2015, 11:26 WIB

Begini Cara Polda Kalbar Akomodir Hak Para Polwan untuk Berjilbab

- detikNews
Begini Cara Polda Kalbar Akomodir Hak Para Polwan untuk Berjilbab
Jakarta - Mabes Polri kini sudah secara resmi mengizinkan Polwan mengenakan jilbab. Aturan teknisnya sudah diatur Mabes Polri. Dengan seragam Polri, para Polwan di seluruh Indonesia kini bisa berjilbab.

Namun sebenarnya, beberapa Polda sudah memberi izin Polwan mengenakan jilbab sejak dahulu. Salah satunya Polda Kalimantan Barat (Kalbar). Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto menyampaikan, alasan para Polwan itu memakai jilbab adalah melaksakan kewajiban agama. Agar mereka bisa berjilbab, mereka ditempatkan di satuan kerja yang tak mengenakan seragam.

"Jumlah Polwan berjilbab di Polda ada 19 polwan berjilbab, di Polres-Polres sekitar 3 sampai 5 orang sehingga penempatan di Satker tetap bisa diakomodir. Dan yang penting tetap bisa menjalankan syariat agama serta tidak melanggar aturan," jelas Arief dalam perbincangan, Jumat (27/3/2015).

Arief menjelaskan, sejak awal dirinya berdinas di Kalbar pada pertengahan 2014 lalu di wilayahnya sudah ada anggotanya yang memakai Jilbab.

"Oleh karena alasan mereka mengenakan jilbab menjalankan syariat agama, dan saya juga tahu menggunakan jilbab juga diatur secara tegas dalam Alquran sebagai kewajiban. Maka saya mengambil langkah memindahkan tugas mereka pada bidang tugas Reserse dan Intelijen yang tidak mengenakan pakaian dinas sehingga mereka tetap bisa mengenakan jilbab," tegas Arief yang sudah berhaji pada 2013 lalu.

Kini semua Polwan sudah diperbolehkan berjilbab, termasuk yang berdinas dengan seragam. Komjen Badrodin Haiti sudah menandatangani keputusan soal jilbab ini.

  • Begini Cara Polda Kalbar Akomodir Hak Para Polwan untuk Berjilbab
  • Begini Cara Polda Kalbar Akomodir Hak Para Polwan untuk Berjilbab

(ndr/mad)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com