Gunung Soputan di Sulut Meletus, Tingginya Mencapai 4,5 Km

ADVERTISEMENT

Gunung Soputan di Sulut Meletus, Tingginya Mencapai 4,5 Km

- detikNews
Sabtu, 07 Mar 2015 22:03 WIB
Jakarta - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus. PVMBG Badan Geologi mencatat, tinggi letusan yang terjadi pada pukul 17.09 WITA (18.09 WIB) itu mencapai 4,5 Km.

"Tinggi letusan mencapai 4.500 meter condong mengarah ke bagian Tenggara. Awan panas ke arah barat dengan jarak luncur lebih kurang 2.500 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat, Sabtu (7/3/2015).

Sutopo menyebut, abu vulkanik akibat letusan itu menyebar tipis ke beberapa wilayah seperti Kecamatan Silian Raya, Touluaan, Tombatu, sebagian di Kecamatan Pasan dan Rataha yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara. Status Gunung Soputan sendiri saat ini ada di level siaga 3.

Gunung Soputan sudah mengalami beberapa kali letusan. Sutopo menjelaskan sifat letusan umumnya eksplosif dengan pusat aktivitas di puncak.

"Tidak ada pengungsian karena pemukiman terdekat berjarak 8 Km. Kondisi masyarakat normal," sambungnya.

Adapun ancaman bahaya letusan Gunung Soputan bagi penduduk relatif kecil. Sebab, pemukiman dan aktivitas terdekat penduduk terdekat berjarak 8 Km dari puncak aktivitas.

Namun, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaannya. Dari 127 gunung aktif di Indonesia, saat ini ada 5 gunung bestatus siaga level 3 yakni Gunung Soputan, Gamalama, Sinabung, Karangetang dan Lokon. Kemudian ada 15 gunung berstatus Waspada (level 2).

(aws/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT