Wapres JK: Ilmu, Kunci Untuk Menjadi Negara Maju

- detikNews
Sabtu, 07 Mar 2015 12:48 WIB
Yogyakarta - Peningkatan mutu pendidikan menjadi bagian penting untuk kemajuan bangsa. Karena kemajuan bangsa sangat tergantung pada masyarakat dan kualitas generasi ke depan. Pendidikan merupakan wadah untuk membentuk kualitas generasi bangsa.

Wakil Presiden Jussuf Kalla mengatakan, belajar dari kemajuan banyak negara-negara memang bisa karena kekayaan alamnya. Tetapi ada juga negara yang memiliki alam tidak maju dan sebaliknya, tidak memiliki kekayaan alam tapi maju.

Tetapi yang jelas, negara bisa maju karena mempunyai semangat dan ilmu. JK mencontohkan seperti Jepang, Korea, Cina semua dengan ilmu pengetahuan dan semangat. Kunci kemajuan adalah pada semangat disertai kualitas masyarakat.

"Ilmu berkembang pesat dewasa ini. Tanpa fleksibilitas dari Universitas, tanpa daya berpikir yang kuat dari lembaga pendidikan, kita akan ketinggalan terus," kata Jussuf Kalla pada acara peresmian gedung Pascasarjana UMY - JK School of Government di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(UMY), Sabtu(7/3/2015).

JK menegaskan, bahwa riset menjadi hal sangat penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya perlu menggabungkan perguruan tinggi dengan riset. Karena tanpa riset, perguruan tinggi hanya menjadi pengecer bukan pembuat ilmu.

Terkait JK School of Government di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(UMY), menurut JK merupakan tempat untuk pembelajaran pemikiran-pemikiran yang baik. Untuk JK School of Government di Yogya ini pemikiran-pemikiran yang dipelajari tentang pemerintahan dan demokrasi. Setelah JK School of Government ini nantinya juga akan ada JK School of Entreprenurship di Jakarta.



(fjr/fjr)