SAR: Tak Ada Kapal Taruna Makmur Berangkat dari Parepare

Khairul Ikhwan - detikNews
Jumat, 06 Feb 2015 14:35 WIB
Jakarta - Pihak Basarnas melakukan pengecekan informasi ke berbagai pihak terkait informasi kapal penumpang yang diduga tenggelam dalam perjalanan dari Parepare, Sulawesi Selatan ke Tanjung Santan, Bontang, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Hasilnya, tidak ada kapal dengan nama itu yang berangkat dari pelabuhan tersebut.

Kepala Kantor SAR Balikpapan, Hendra Sudirman menyatakan, begitu mendapat informasi tentang kapal yang diduga tenggelam itu, mereka segera mengambil langkah-langkah pengumpulan informasi. Termasuk menghubungi pihak Syahbandar Pelabuhan Parepare.

"Ternyata tidak ada kapal dengan nama itu yang terdaftar berangkat dari Parepare. Tidak ada kapal dengan nama itu yang melayari rute Pare-pare menuju Bontang. Satu-satunya kapal yang melayani rute itu namanya Queen Soya. Kapal itu sekarang masih sandar di Bontang," kata Hendra saat dihubungi Jumat (6/2/2015).

Kantor SAR Balikpapan juga menghubungi jajaran lainnya untuk mengecek informasi tersebut. Mulai dari Polair, Polsek hingga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta.

"Tidak ada informasi terkait mengenai kapal itu. Kita juga heran ini, sumber informasinya dari mana," kata Hendra.

Hendra menyatakan, kendati keberadaan kapal yang dinyatakan hilang itu belum ada titik terang, tetapi mereka masih melakukan penelusuran. Tim SAR terus disiagakan sekiranya diperoleh kejelasan informasi tentang kapal yang diduga tenggelam itu.

(rul/trw)