DetikNews
Rabu 04 Februari 2015, 18:51 WIB

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta

- detikNews
Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta Ilustrasi (reuters)
Jakarta - PLN memberikan peringatan kemungkinan adanya gangguan suplai listrik di wilayah Jakarta. Akibat gangguan ini, ada sebagian wilayah di Jakarta yang akan terkena pemadalam bergilir.

“Akan ada sebagian wilayah Jakarta yang berpotensi terkena pemutusan aliran listrik sementara selama 3 jam bergantian,” demikian rilis yang diterima detikcom dari Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Mambang Hertadi, Rabu (5/2/2015).

Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV penghantar Gardu Induk Plumpang dan Gardu Induk Gambir Baru dengan daya 120 MW mengalami kerusakan akibat pengeboran horizontal dari Perusahaan Air Minum (PAM) tanpa koordinasi dengan PLN terlebih dahulu. Pengeboran tersebut menimbulkan bocornya minyak pendingin yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung kabel (isolasi).

Agar pasokan listrik tetap terjaga, untuk sementara PLN mengisi minyak isolasi kabel setiap 4 jam sekali sebanyak 200 liter dan memperbaiki kerusakan kabel tersebut yang akan berlangsung kurang lebih 12 jam.

“Dalam proses perbaikannya, PLN berupaya meminimalisir dampak wilayah padam dengan melakukan manuver atau pengalihan beban pada jaringan 20 kV,” jelas Mambang.

Mambang meminta partisipasi masyarakat untuk menghemat pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang tidak diperlukan dan bagi pelanggan yang memiliki genset, dimohon untuk mengaktifkannya. Selanjutnya PLN mengimbau kepada seluruh pemilik utilitas jaringan bawah tanah untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN apabila akan melakukan pengeboran.

  • Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta
    Ilustrasi (reuters)
  • Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta
    Ilustrasi (reuters)

(gah/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed