Ini Deretan Artis yang Ikut Serukan #SaveKPK

- detikNews
Jumat, 23 Jan 2015 15:18 WIB
Jakarta - Tagar #SaveKPK bergema di dunia maya setelah Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap oleh Mabes Polri. Tak hanya aktivis yang bersuara, para artis pun ikut berseru untuk menyelamatkan KPK.

"#SaveKPK mau dibawa kemana negri ini... Haruskah menunggu azab Allah yg akan menghampiri petinggi negri yg menginkari janji....," kicau presenter Indonesia Lawak Klub (ILK) Denny Chandra lewat akun @AA_DeCe, Jumat (23/1/2015).

Penyanyi Melanie Subono ikut hadir dalam aksi di Gedung KPK dan memamerkan fotonya membawa kertas bertuliskan #SaveKPK. Selain Melanie, banyak aktivis antikorupsi yang hadir di aksi itu.

"Here at @KPK_RI #SaveKPK #tinjuKoruptor," ucap Melanie.

Penangkapan BW oleh Mabes Polri ini hanya berselang sehari setelah serangan Plt Hasto Kristiyanto ke Ketua KPK Abraham Samad. Komposer Addie MS melihat ini sebagai wujud tekanan bagi KPK.

"Makin jelas, tekanan bukan kepada Abraham Samad, tetapi kepada KPK sebagai lembaga. #SaveKPK @KPK_RI," tulis Addie lewat akunnya @addiems.

Musisi Glen Fredly dan sutradara Hanung Bramantyo meramaikan linimasa lewat tagar #sayaKPK dan #jesuisKPK. Ini sebagai penanda bahwa rakyat bersama lembaga anti rasuah itu. Penyanyi Iwan Fals juga menyuarakan keheranannya atas penangkapan ini.

"Wakil Ketua KPK Ditangkap Polisi, Koq Bisa?," tutur Iwan.

Tagar #SaveKPK masuk deretan trending topic dunia dan memuncaki daftar d Indonesia. Masyarakat pun melakukan aksi di Gedung KPK agar BW dibebaskan.

Bambang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga mengarahkan sejumlah saksi untuk memberikan keterangan palsu di persidangan MK. Penyidikan ini bermula dari laporan Sugianto Sabran, anggota DPR dari PDIP kepada Bareskrim Polri pada 15 Januari 2015. Saat ini Bambang menjalani pemeriksaan di Bareskrim sebagai tersangka.


(imk/mad)