Tragedi AirAsia

Kata Pangarmabar, Begini Kondisi Bodi Pesawat Tempat Penemuan Jenazah

- detikNews
Kamis, 22 Jan 2015 13:58 WIB
Ilustrasi/ Dok detikcom
Selat Karimata - Ada perkembangan baru di perairan Karimata, Kalimantan Tengah. Beberapa jenazah ditemukan di dalam bodi pesawat. Bagaimana kondisi bagian pesawat tersebut?

"Badan pesawat tidak terbalik. Hanya prediksi, belakang pesawat, bagian bawahnya sudah hilang. Depan sayap patah ke kanan,"‎‎ kata Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda TNI Widodo di KRI Banda Aceh yang berada di perairan Karimata, Kalimantan Tengah, Kamis (22/1/2015).

Widodo menjelaskan, benda tersebut berdimensi panjang 24 meter, lebar 8 meter, dan sayap 3 meter. Ada di kedalaman 30 meter dan berjarak 3.400 meter dari lokasi ekor yang telah lebih dulu ditemukan dan diangkat.

‎Di bodi pesawat, penyelam TNI AL menemukan 6 jenazah. Jenazah diangkat secara bergelombang sejak pukul 09.00 WIB ke KRI Banda Aceh. Hampir semuanya sudah tidak utuh. Sebagian dikenali dari baju dan properti pribadi.

Saat ini, keenam jenazah sudah dibawa ke Pangkalan Bun untuk diterbangkan ke Surabaya. Operasi penyelaman dihentikan sementara karena cuaca tidak bersahabat.

(sip/try)