AirAsia Hilang Kontak

Kemenhub: Kalau Terbang Terus, Bahan Bakar AirAsia Sudah Habis

- detikNews
Minggu, 28 Des 2014 12:53 WIB
Jakarta -

Pesawat AirAsia yang hilang kontak pagi tadi dinyatakan dalam kondisi bagus. Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Joko Muriatmojo memperkirakan bahan bakar pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura itu kini telah habis.

"Kalau kita berbicara bahan bakar, maka saat ini diperkirakan kalau terbang terus (sekarang) sudah habis. Bahan bakar itu maksimal cukup untuk terbang 4 jam 30 menit, sedangkan kurang lebih satu jam terbang sudah hilang kontak," ujar Joko yang mengenakan seragam Kemenhub, dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (28/12/2014) pukul 12.15 WIB.

Pesawat tersebut mulai hilang kontak pukul 06.17 WIB. "Satu jam setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak," katanya.

"Untuk saat ini kami tidak mau berasumsi apa pun selain pesawat tersebut hilang kontak," tegas Joko.

Posisi terakhir saat pesawat mulai hilang kontak adalah di antara Pontianak dengan Bangka Belitung. Namun Joko belum bisa memastikan posisi pasti dari pesawat tersebut.

Di Surabaya, Menhub Ignasius Jonan menyebut saat ini kapal-kapal sedang bergerak ke lautan Kalimantan-Tanjung Pandan (Bangka-Belitung) untuk mencari pesawat berisi 155 orang itu.



(bpn/nrl)