DetikNews
Rabu 24 Desember 2014, 16:21 WIB

MA Tolak Gugatan Machica Mochtar, Kemenag: Sebaiknya Tidak Nikah Siri

- detikNews
MA Tolak Gugatan Machica Mochtar, Kemenag: Sebaiknya Tidak Nikah Siri
Jakarta - Pernikahan siri Moerdiono dengan Machica Mochtar kembali menjadi buah bibir publik lantaran perjuangan Machica untuk mencari hak sebagai seorang istri dan ibu kandas di palu Mahkahmah Agung (MA). Padahal sebelumnya sempat menemui titik cerah dengan kemenangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Bagaimana tanggapan Kementerian Agama terkait status hukum M Iqbal, buah cinta dari pernikahan di bawah tangan tersebut?

"(Anak) Di luar pernikahan bisa (diakui sebenarnya) asal bisa dibuktikan melalui penelitian ilmiah dalam hal ini uji DNA. Berarti keluarga ayahnya (Moerdiono) harus ada yang mau diambil DNA-nya kan," ujar Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Machsin dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (24/12/2014).

"Jadi tidak punya status perdataan negara. Hanya dengan ibunya tidak dengan ayahnya," lanjutnya.

Dia berharap agar kaum perempuan bisa memetik hikmah dan pelajaran dalam kasus yang menimpa Machica. Pasalnya, Machsin tak ingin banyak drama penuh derai air mata berkelanjutan di kemudian hari.

"Jangan lagi melakukan nikah siri supaya tidak kesulitan menentu. Ini kan jadi masalah maka sebaiknya tidak nikah siri," pesannya.

Sebagaimana diketahui, Pada 17 Ferbruari 2012, MK memutuskan anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan keperdataan dengan ibu dan ayah sepanjang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan. Tapi MA menolak seluruh gugatan Machica pada 22 Juli 2014.

"Dengan ditolaknya tuntutan pemohon kasasi mengenai pengesahan perkawinan di atas, maka tuntutan pemohon agar M Iqbal Ramadhan dinyatakan sebagai anak yang sah, maka harus ditolak," putus majelis dengan ketua majelis hakim agung Habiburrahman dan anggota Mukhtar Zamzami dan Abdul Manan.


(aws/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed