ADVERTISEMENT

Menteri Anies: Kalau Kualitas Guru Diperkuat, Pasti Bisa Jalankan Kurikulum

- detikNews
Sabtu, 13 Des 2014 10:05 WIB
Jakarta - Pelaksanaan kurikulum 2013 menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Mendikbud Anies Baswedan memandang kurikulum bukanlah satu-satunya penentu kualitas pendidikan. Justru kuncinya ada di guru.

"Jangan berpandangan kurikulum satu-satunya faktor menentukan kualitas pendidikan. Jangan kurikulum jadi determinan," kata Anies dalam diskusi bertemakan 'Mencari Kurikulum yang Maksimum' di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/12/2014).

Anies menceritakan bagaimana ia melihat beban guru-guru dalam menjalankan kurikulum 2013. Menurutnya, guru harus terlebih dahulu diperkuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kekuatannya di guru dan kepala sekolah. Kalau guru dikuatkan, pasti bisa menjalankan kurikulum," ujar penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini.

Pandangan Anies ini pun diamini oleh Ketua Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listiyarti yang hadir dalam diskusi ini. Retno memaparkan data dari World Bank yang menunjukkan kualitas guru di Indonesia masih rendah.

"Guru harus dibenahi. Kualitas guru di Indonesia peringkat 12 berdasarkan World Bank. Uji kompetensi guru juga tunjukkan mutu guru rendah," ucap Retno.

Ia mengibaratkan kurikulum seperti mobil dan guru adalah sopirnya. Guru harus bisa 'mengendarai' kurikulum agar bisa mengarahkan penumpangnya yaitu para murid.

"Jangan sampai murid jadi korban," tutur perempuan berjilbab ini.

(imk/mad)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT