DetikNews
Selasa 09 Desember 2014, 08:51 WIB

Hari Terakhir Operasi Zebra Jaya, Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

- detikNews
Hari Terakhir Operasi Zebra Jaya, Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Ilustrasi
Jakarta -

Jajaran Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya hari ini, Selasa (9/12/2014) menggelar hari terakhir Operasi Zebra Jaya 2014. Dengan akan berakhirnya operasi tersebut, diharapkan pengguna jalan meningkatkan kesadarannya dalam berlalu lintas.

"Masyarakat pengguna jalan kami imbau untuk lebih meningkatkan kesadarannya dalam berlalu lintas, ada atau pun tidak ada, taati peraturan, jangan melanggar," tutur Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono Danial kepada detikcom, Selasa (9/12/2014).

Catatan Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, jumlah pelanggaran selama Operasi Zebra yang digelar sejak tanggal 26 November 2014 lalu, mencapai angka puluhan ribu. Angka pelanggaran dari hari ke hari selama operasi, justru meningkat cukup tajam.

"Dari hasil operasi yang ada, kami lihat memang malah meningkat pelanggaran ini. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih sedikit," jelasnya.

Dari puluhan ribu pelanggar, kendaraan jenis motor yang paling banyak melakukan pelanggaran. 70 Persen pemotor mendominasi pelanggaran yang ada.

"Iya memang motor paling banyak, karena memang populasi kendaraan motor paling banyak juga," imbuhnya.

Disusul dengan pengemudi mobil pribadi, kemudian angkutan umum seperti Mikrolet, Kopaja, Metromini dan bus.

Di hari terakhir ini, polisi akan lebih mengoptimalkan penegakan hukum. Motor dan angkutan penumpang menjadi sasaran utama polisi.


(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed