Begini Usaha Gubernur Ahok Perbaiki Gaya Bicaranya

- detikNews
Kamis, 20 Nov 2014 15:49 WIB
Jakarta - Sehari menjabat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berusaha memperbaiki gaya bicaranya yang menuai protes. Ia tidak lagi ceplas-ceplos seperti dahulu. Tutur kata Ahok kini lebih sopan.

Usaha Ahok memperbaiki gaya bicara dilakukan saat memberikan sambutan dalam acara Pemberian Bonus Atlet DKI Berprestasi dan Pengukuhan Atlet PON Remaja I di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (20/11/2014). Ahok mengaitkan penyelewengan anggaran untuk olahraga dengan anggota dewan.

"Pengurus cabang olahraga kita harusnya orang yang punya hati. Kalau enggak, nanti lama-lama kita enggak bisa pisahkan yang mana mau diurus, mana mau numpang hidup, mana yang mau menilap duit. Apalagi kalau main lagi sama 'oknum' DPRD. Itu lebih celaka lagi,” kata Ahok.

Tiba-tiba Ahok ingat dirinya sering diprotes kalangan anggota DPRD DKI Jakarta karena ucapannya yang dianggap menyakiti hati anggota dewan. Apalagi acara itu juga dihadiri Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi itu. Menyadari itu, Ahok langsung meluruskan ucapannya.

"Ini kan ada kata 'oknum' dan 'misalnya'. Saya sudah pelajari kalimatnya karena kalau saya bilang DPRD saja, banyak yang tersinggung. Jangan semuanya dong, Bos kan enggak semua anggota dewan seperti itu," ujar Ahok membuat Prasetyo dan semua hadirin tertawa dan bertepuk tangan.

Ahok yang berseteru dengan Lulung dan M Taufik, pimpinan DPRD dari PPP-Djan Faridz dan Gerindra, itu pun mencari cara untuk menangkis protes soal gaya bicaranya. "Nah ini pakai kata 'oknum' dan 'misalnya'. Kalau masih kurang puas juga, saya bilang ini bukan DPRD DKI Jakarta. Saya kan bicara dengan Ketum KONI Indonesia, mungkin DPRD daerah lain. Jadi 3 hal untuk menangkis supaya saya lebih sopan," kata Ahok sambil tertawa.

Gaya baru bicara Ahok itu mendapat apresiasi dari Prasetyo. Menurut politisi PDIP itu, Ahok sudah mulai memperbaiki teknik komunikasi politiknya. Pria yang disapa Pras itu akhirnya memberikan jempol kanannya kepada Ahok.

"Saya suka sekali tadi. Ternyata Pak Gubernur sudah tahu kekurangannya dan mencoba untuk mengubah menjadi lebih baik," kata Pras sambil tertawa.

(aan/nrl)