Prof Musakkir Terancam 12 Tahun Bui, Menristek Isyaratkan Pecat dan Cabut Gelar

- detikNews
Kamis, 20 Nov 2014 12:49 WIB
Jakarta - Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin Prof Musakkir diancam 12 tahun penjara setelah tertangkap bersama dua mahasiswa dalam kasus narkoba. Jika tuntutan tersebut dikabulkan, guru besar Musakkir bakal diberhentikan dan gelarnya dicabut.

"‎Kalau itu di atas 5 tahun penjara jelas dia berhenti sebagai pegawai negeri. Diberhentikan. Itu sudah aturannya di PP 53 dan PP 73 tentang pemberhentian PNS kan jelas," kata Menteri Riset‎ Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nassir di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakpus, Kamis (20/11/2014).

Ia mengatakan pencabutan gelar guru besar yang kini disandang Musakkir harus melalui mekanisme yang ada. Hal ini baru bisa dilakukan jika Musakkir sudah dinyatakan terbukti bersalah dan dihukum lebih dari 5 tahun.

"Otomatis dicabut (gelar guru besarnya). Kalau dia terbukti bersalah dan diadili di pengadilan yang sesuai hukum yang berlaku," sambungnya.

Ia menjelaskan pencabutan gelar guru besar harus melalui dewan kehormatan. Dewan kehormatan itulah yang menentukan apakah gelar guru besar itu dicabut atau tidak.

"Dia yang akan menilai apakah dalam hal tersebut terjadi pelanggaran yang akibatnya gelar guru besar ditarik," pungkasnya.

(bil/rmd)