Lucu, Ada 'SPBU' Pertamini di Jambi

Hardani Triyoga - detikNews
Sabtu, 15 Nov 2014 09:31 WIB
Jambi - Ada hal lucu yang dilakukan masyarakat lokal ketika melintas ke sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi. Salah satunya adalah membuat 'SBPU' kecil bernama Pertamini.

Dari pantauan, SPBU ini terdapat di pinggir jalan raya di kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sepanjang jalur di jalan 70 kilometer lebih, jumlah SPBU lucu ini pun lebih dari sekitar 20 unit.

"Di sini jarang SPBU kalau di desa pedalaman. Ini sudah lama seperti ini. Di Padang, lebih banyak Pertamini kayak begini," ujar salah seorang driver rombongan Media Familiarization Trip to Jambi 2014, di Hotel Kerinci, Jambi, Sabtu (15/11/2014).

Desain SPBU Pertamini cukup menarik perhatian. Warna bangunan serta logo pun seolah-olah disetting seperti depo SPBU resmi Pertamina. Bahkan, agar mungkin terlihat bagus, beberapa Pertamini sengaja dibuat dengan bangunan kecil kokoh dari bata dan semen. Pertamini ini pun punya selang khusus untuk pengisian bensin ke sepeda motor.

"Yah, banyakan motor bang yang ngisi. Ini saya buat buat lucu, supaya bagus saja. Sudah jalan delapan bulan lah," katanya warga Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Surozy.

Bagi orang yang pertama kali melihat Petamini mungkin langsung tertawa dan kemudian mengabadikan gambar. Dengan tempat seluas sekitar 1,5 X 2 meter, Pertamini menjual bensin eceran yang harganya Rp 8500 - Rp 9000 per liter.

(hat/rvk)