Ini MSC, Alat Cetak Media Semai Ramah Lingkungan yang Bantu Petani

- detikNews
Rabu, 12 Nov 2014 13:10 WIB
MSC alias Media Semai Cetak untuk mencetak media tanam massal (Foto: Septiana Ledysia/detikcom)
Jakarta - Kebutuhan akan bibit berkualitas dan pencapian jumlah yang sesuai waktu kebutuhannya diperlukan adanya inovasi untuk mendukung sistem tersebut. Untuk itu, diciptakanlah Media Semai Cetak (MSC) untuk membantu petani.

Menurut si pencipta Idi Bantara, MSC ialah alat pencetak media semai sistem sederhana yang berfungsi mencetak media semai yang praktis. Dan alat ini juga sangat ramah lingkungan dikarenakan tidak menggunakan plastik.

"Alat ini awalnya dibuat untuk masyarakat yang tidak terampil dalam pembibitan. Dan dimana dalam prosesnya tidak menggunakan plastik jadinya ramah lingkungan," ujar Idi di depan Stand Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Way Lampung di acara Pameran Kemenhut, Gedung Wanabhakti Kemenhut dan Lingkungan Hidup, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Idi mengutarakan, alat yang pertama kali diciptakan di Lampung ini terdiri dari rangka cetakan yang bisa mencetak 100 semai, tuas penekan, alat cetak, pencetak, pelobang media, bantalan dan pengukit. Selain alat, bahan media atau bahan dasar yaitu campuran tanah, kompos, cocopeat (parutan sabut kelapa) dan air.

"Jadinya bisa bermacam-macam tanaman yang bisa dibibitkan dan untuk dibawa ke lapangan juga jadi banyak. Dan hasil dari alat ini bisa tahan hingga tanaman 6 bulan lalu ditanam di tanah," ujar Idi.

Idi mengutarakan, alatnya ini bisa membuat 4000 media pembibitan per hari dari satu petani. Dan alatnya saat ini sudah disebar ke seluruh Indonesia untuk membantu para petani.

"Hasil yang dihasilkan banyak untuk itu suda disebar. Dan alat ini bisa diletakan di luar ruangan yang ditutupi terpal plastik," jelasnya.

(spt/nwk)