Kirim Rekomendasi Pembubaran FPI, Ahok: Biar Tahu Dia Tidak di Atas Hukum

- detikNews
Senin, 10 Nov 2014 17:20 WIB
Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membuktikan komitmennya untuk mengajukan surat rekomendasi pembubaran Front Pembela Islam (FPI). Ahok keluar dari ruang kerjanya, lalu dengan raut wajah kesal dia menunjukkan surat yang sudah diketik rapi itu.

"Biar FPI tahu, ini pertama kali gubernur di Indonesia, Plt Gubernur DKI Jakarta meminta agar dia dibubarkan. Biar FPI tahu dia tidak di atas hukum. Ini negara hukum, Indonesia ada konstitusinya," kata Ahok sambil memegang dua surat itu di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/11/2014).

Dia menyatakan alasan di balik tuntutan pembubaran FPI itu karena ormas Islam itu sering melakukan aksi yang merugikan masyarakat umum.

"Dia nutupin jalan. Dalam UU lalu lintas itu melanggar hak azasi pengguna jalan. Siapapun yang nutup jalan, itu melangar hak pengguna jalan,” kata dia.

Surat itu rencananya akan dikirim ke Kemendagri dan Kemenkum HAM pada Selasa 11 November 2014. Dia berharap dua kementerian itu bisa menindalanjuti dengan memberikan sanksi hukum terhadap FPI.

"Saya hanya bisa sebatas ini. Kita lihat saja Kemendagri dan Kemenkum HAM nanti bagaimana. Kita sudah bosan mereka bikin macet Jakarta,” pungkasnya dengan nada meninggi.

(aan/nwk)