Panglima TNI: Kita Harus Beli Alutsista Canggih Supaya Tidak Ketinggalan

ADVERTISEMENT

Panglima TNI: Kita Harus Beli Alutsista Canggih Supaya Tidak Ketinggalan

- detikNews
Jumat, 07 Nov 2014 01:03 WIB
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyempatkan hadir dalam acara pameran alat pertahanan, Indo Defence 2014 Expo&Forum hari ini. Moeldoko pun menyatakan Indonesia harus membeli peralatan keamanan yang berteknologi tinggi agar tidak ketinggalan dengan negara-negara lainnya.

"Tidak ada yang murah, semuanya mahal karena teknologinya tinggi. Kita harus mengikuti agar harus memiliki keseimbangan. Balance of power kita biar seimbang dengan negara-negara lainnya," ujar Moeldoko usai melihat pameran di JIExpo Kemayoran, Jakpus, Kamis (6/11/2014) malam.

Dengan membeli alutsista yang merupakan produk asing, menurut Moeldoko bukan berarti meninggalkan produk-produk dalam negeri. Menurutnya pemerintah juga tetap harus membeli produk-produk nasional.

"Persoalan high technology tidak bisa ditinggalkan. Pesawat-pesawat canggih kita harus beli, kalau tidak kita akan ketinggalan dengan negara-negara lain. Produk-produk dari PT Dirgantara Indonesia juga menjadi prioritas untuk melengkapi peralatan kita," jelas Moeldoko.

Moeldoko pun menyatakan dengan membeli alat pertahanan canggih dari produsen luar, ada kelebihan yang didapat Indonesia. Persyaratan dalam jual-beli alutsista memang mengharuskan adanya transfer teknologi.

"Seperti radar yang saya lihat di salah satu pameran Indo Defence, 80% bisa dibuat di Indonesia, di Bandung. Kalau kita beli radar itu, kita akan melakukan transfer of generation, lama-lama kita bisa mengambil teknologinya," tukas mantan pangdam Siliwangi tersebut.

"Persoalan high technology menjadi ukuran, tetapi persoalan politik juga menjadi pertimbangan," pungkas Moeldoko.

(ear/vid)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT