Tinjau Indo Defence 2014, Panglima TNI Jajal Simulasi Penembak Misil

ADVERTISEMENT

Tinjau Indo Defence 2014, Panglima TNI Jajal Simulasi Penembak Misil

- detikNews
Kamis, 06 Nov 2014 13:51 WIB
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Moeldoko meninjau pameran industri alat pertahanan, Indo Defence 2014 Expo&Forum. Panglima yang baru saja kembali dari dinas perjalanan ke luar negeri itu jajal simulasi penembak misil milik perusahaan Amerika Serikat.

Moeldoko tiba di lokasi pameran, JIExpo Kemayoran, Jakpus, sekitar pukul 12.30 WIB, Kamis (6/11/2014). Ia pun langsung menuju ruang tunggu VIP untuk makan siang. Setelahnya, Jenderal Bintang 4 itu langsung menuju hall pameran untuk meninjau alutsista yang dipamerkan.

Begitu memasuki ruang pameran, Moeldoko langsung menuju booth TNI AD yang memamerkan sejumlah alutsista dan peralatan yang dimilikinya. Ia langsung melihat senapan otomatis Small Kaliber 7,62 mm. Mantan Pangdam Siliwangi ini tertarik dengan sebuah Sistem komando dan pengendalian terpadu yakni BMS (battlefield management system).

"Sudah dalam simulasi pertempuran belum," kata Moeldoko kepada personil TNI AD yang menjelaskan fungsi alat tersebut.

Selanjutnya Moeldoko pun mengunjungi beberapa booth lainnya. Di booth milik perusahaan Amerika Serikat, Lockheed Martin, Moeldoko menjajal sebuah alat simulasi penembak misil bernama GM. Javelin Heat K 169A.

Moeldoko mencoba alat penembak misil itu dan berhasil menembakan misil di simulasi yang ada di layar dengan jarak beberapa kilometer. Alat ini disebut bisa menembakkan misil dengan jarak 4 kilometer. Panglima juga asyik melihat radar yang ada di booth itu.

Pria asal Jawa Timur ini tak banyak berbicara dan lebih banyak mendengarkan penjelasan mengenai alutsista-alutsista yang dilihatnya. Hingga kini, Panglima masih berkeliling dan meninjau pameran alat pertahanan berkelas internasional tersebut.

(ear/rmd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT