DetikNews
Rabu 05 November 2014, 16:28 WIB

Polisi Belum Tahu Usia MR Masih di Bawah Umur

- detikNews
Jakarta - Polisi menahan MR karena menganiaya Briptu AM dalam acara Syukuran Rakyat di Monas pada Senin (20/10) lalu. Menurut pengakuan MR dan keluarganya, saat ini usianya baru 16 tahun sehingga seharusnya tidak ditahan. Namun dari data kepolisian, usianya sudah 19 tahun.

"Saya baru tahu malah kalau usianya 16 tahun. Karena saat diperiksa, dia lupa kapan dia lahir, hanya ingat tahunnya 1995," kata Kanit Reskrim Polsek Gambir, AKP Budi Setiadi saat dikonfirmasi, Rabu (5/11/2014).

Budi akan kembali menelusuri data administrasi MR. Jika memang terbukti usianya 16 tahun, proses pemeriksaan selanjutnya akan diserahkan ke Unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Polres Jakarta Pusat.

"Dari perawakannya kelihatannya juga sudah lebih dari 17 tahun. Makanya nanti kita selidiki lagi yang benar bagaimana," ucap Budi.

Pihak Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta memprotes penahanan terhadap MR karena menurutnya polisi melanggar UU Perlindungan Anak. Seharusnya denga ancaman hukuman di bawah 7 tahun, MR tidak perlu ditahan.

Kalaupun ditahan, maksimal masa penahanan adalah 15 hari. Sementara terhitung hari ini, MR telah ditahan selama 16 hari.


(kff/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed