Kebo Bule Mati Ditusuk Orang, Apa Polisi akan Turun Tangan?

- detikNews
Rabu, 05 Nov 2014 11:58 WIB
Kebo bule milik Keraton Solo (Dok detikcom)
Solo - Bagong, kerbau bule milik Keraton Surakarta, mati setelah ditusuk orang. Tak diketahui motif penusukan tersebut. Apakah polisi akan turun tangan?

"Tidak ada laporan resmi dari pihak pemilik (keraton) atas terjadinya penusukan kerbau itu," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (5/11/2014).

Selama ini, Bagong yang merupakan keturunan kerbau Kiai Slamet itu tidak tinggal bersama 'saudara'-nya di kompleks Alun-alun Selatan Keraton. Ia memilih berada di dekat areal persawahan di Grogol, Sukoharjo, sekitar 5 km dari kompleks keraton. Tiap dipindah ke keraton, ia selalu kembali ke persawahan tersebut.

Dua pekan lalu, Bagong ditemukan terluka di bagian lambungnya. Diduga kuat, ia ditusuk orang. Upaya perawatan sudah dilakukan, tapi karena infeksi, luka Bagong tak kunjung sembuh. Akhirnya ia mati, Selasa (4/11) malam.

Tengah malam setelah dikafani, bangkai kerbau pusaka itu dimakamkan. Kerabat keraton Satryo Hadinagoro mengatakan prosesi pemakaman dilakukan sedemikian rupa karena kerbau tersebut merupakan hewan kesayangan raja dinasti Mataram secara turun temurun.

(try/nrl)