DetikNews
Selasa 28 Oktober 2014, 08:13 WIB

Kompleks Istana Kepresidenan yang Asri dan Haram Asap Rokok

- detikNews
Kompleks Istana Kepresidenan yang Asri dan Haram Asap Rokok
Jakarta -

Dua pohon trembesi yang sudah berusia lebih dari seabad masih berdiri kokoh di halaman kompleks Istana Kepresidenan. Tanaman itu seakan menjadi tempat bermain yang mengasyikan bagi puluhan burung bersuara nyaring.

Itulah suasana yang menyapa kita saat melangkahkan kaki memasuki istana kepresidenan. Sebuah kondisi yang wajar karena menjadi simbol negara dan tempat tinggal presiden.

Hampir setiap saat petugas kebersihan terus menyapu dedaunan yang rontok karena tiupan angin. Meski musim kemarau berkepanjangan, rumput serta daun tetap tampak hijau.

Alhasil jadi hal langka jika bisa menemukan sampah kecil berserakan di istana. Bahkan hingga sampah berukuran kecil seperti puntung rokok.

Aturan baku larangan merokok di lingkungan istana memang tidak ada. Yang tegas terpampang hanya di pintu masuk Kantor Kepresidenan. Tapi hampir tidak ada seorang pun yang nekat merokok di wilayah istana kepresidenan.

Mungkin juga karena ketidaktahuannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tertangkap kamera merokok di kawasan halaman Istana. Kemdian, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri juga sampai harus ditegur Paspampres pada Senin (27/10). Dia kedapatan menghisap rokok di sekitar Istana Merdeka usai mengikuti sesi foto.

Aturan larangan merokok ini sudah berlaku umum. Istana nan asri tak boleh dihiasi para perokok. Sebelum era Jokowi aturan ini sudah diberlakukan. Para perokok akan ditegur bila menyalakan rokok di kompleks istana.

Lalu kalau istana saja steril dari asap rokok, bagaimana dengan instansi pemerintah yang lain?

  • Kompleks Istana Kepresidenan yang Asri dan Haram Asap Rokok
  • Kompleks Istana Kepresidenan yang Asri dan Haram Asap Rokok

(mok/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed