Kenapa Nama Maruarar Sirait Tak Masuk Kabinet Jokowi?

- detikNews
Senin, 27 Okt 2014 07:21 WIB
Jakarta - Nama Maruarar Sirait sempat santer terdengar akan dijadikan menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun saat pengumuman nama menteri, ternyata Maruarar tak dipanggil, padahal saat pengumuman dirinya berada di Istana Negara. Kenapa?

Eksekutif Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai, tercoretnya nama Ara, sapaan akrab Maruarar Sirait karena adanya campur tangan dari pihak parpol. Meski diketahui Ara memiliki hubungan yang dekat dengan Jokowi, terlebih saat kampanye Pilpres kemarin.

"Memang nama calon menteri yang berasal dari parpol tidak bisa dihindarkan. Sebenarnya Maruarar sangat dekat dengan Jokowi. Jokowi tidak berkesempatan memilih calon menteri dari parpol, karena parpol sudah memiliki nama yang harus dipilih. Ini saya kira yang menyebabkan nama Maruarar terlempar di menit akhir," ujar Burhanudin saat berbincang dengan detikcom, Senin (27/10/2014).

Sebelumnya, Sekjen PDIP Tjahjo menjawab soal kenapa Ara tak masuk dalam kabinet Jokowi-JK. Dia menegaskan siapapun kader PDIP yang diusulkan menjadi menteri, tentu harus ada persetujuan partai.

"Tanya presiden saya tidak tahu. Saya belum ketemu dia. Apapun Ara kan bagian dari Partai," jelas Tjahjo menjawa isu seputar Maruarar yang akrab disapa Ara ini, usai bertemu Megawati di Teuku Umar, Jakarta, Minggu (26/10) malam.

"Itukan partai mengusulkan, masuk atau tidak tergantung partai. Semua lewat partai dahulu. Inikan partai ada aturan mekanisme sendiri dong," imbuh dia.

(jor/dha)