Mengenal Menteri Jokowi

Hanif Dhakiri, Perumus Kepartaian PKB yang Jadi Menteri Ketenagakerjaan

- detikNews
Senin, 27 Okt 2014 04:13 WIB
Jakarta - Muhammad Hanif Dhakiri ditunjuk menjadi Menteri Ketenagakerjaan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hanif yang sudah bergabung ke PKB sejak 1998 kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Hanif pernah aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ia dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional gerakan Pemuda Partai Kebangkitan Bangsa (DKN Garda Bangsa) Periode 2006-2011.

Pria berusia 53 tahun ini mengenyam pendidikan dan menyabet gelar master dari Universitas Indonesia. Hanif terpilih menjadi anggota DPR periode 2009-2014 dan duduk di Komisi X DPR RI yang mengurusi masalah Pendidikan, Olahraga, Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.

Sejak bergabung di PKB pada tahun 1998 silam, Hanif aktif sebagai salah satu perumus dasar-dasar kepartaian PKB. Ia ikut menulis AD/ART PKB, naskah deklarasi serta platform politik PKB. Hanif adalah salah satu yang juga mendesain logo PKB.

Sejak 2014, pria Brebes 1 Maret 1961 ini dipercaya menjadi Sekjen PKB menggantikan Imam Nahrawi. Kini, Hanif ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Ketenagakerjaan.

(imk/jor)