DetikNews
Minggu 12 Oktober 2014, 10:21 WIB

Peringati 12 Tahun Bom Bali, Turis Tabur Bunga di Ground Zero Kuta

- detikNews
Peringati 12 Tahun Bom Bali, Turis Tabur Bunga di Ground Zero Kuta Turis tabur bunga dan berdoa di monumen Ground Zero Kuta (Foto: I Made Ardhiangga/detikcom)
Denpasar -

12 Tahun sudah Bom Bali I yang menewaskan ratusan orang baik warga Indonesia maupun WNA berlalu. Peristiwa itu dikenang banyak orang. Hari ini, turis dari berbagai penjuru dunia mengenang peristiwa itu.

Para turis satu per satu datang ke monumen Ground Zero, Jalan Legian, Kuta, Badung, Bali sekitar pukul 08.00 Wita, Minggu (12/10/2014). Mereka adalah kerabat, teman, dan kenalan para korban. Silih berganti, mereka melakukan tabur bunga di lahan bekas eks Paddy's Club itu.

Turis juga melakukan hal serupa di kompleks Sari Klub yang dulu hancur lebur dibom. Mereka menaruh beberapa bendera kecil di tanah taman sembari memanjatkan doa.

"Setiap tahun saya selalu memanjatkan doa di sini (Ground Zero). Banyak teman saya warga Indonesia yang menjadi korban," ucap‎ WN Australia Janz Lazinski dalam bahasa Inggris kepada wartawan, Minggu (12/10/2014).

Janz mengaku memiliki 5 teman yang bekerja di Sari Klub. Dari bartender hingga cleaning service. Dulu, Janz dan kelima teman itu sering berjalan-jalan.

"Setiap tahun saya selalu memanjatkan doa untuk mengenang mereka," tukasnya.

Bom Bali I terjadi pada malam hari 12 Oktober 2002 silam. Tercatat 202 orang tewas dan 209 orang terluka dalam peristiwa tersebut. Sebagian besar di antaranya adalah turis asing.

Peristiwa Bom Bali I ini juga diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Long Road to Heaven, dengan pemain antara lain Surya Saputra sebagai Hambali dan Alex Komang, serta melibatkan pemeran dari Australia dan Indonesia.


(try/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed