Mesin Parkir Meter di Jl Sabang Jakpus Sudah Diujicoba

- detikNews
Kamis, 25 Sep 2014 22:30 WIB
Mesin Parkir Meter/Khafifah detikcom
Jakarta - Mesin parkir meter mulai dipasang di sepanjang Jl Agus Salim alias Jl Sabang, Menteng, Jakarta Pusat. Beberapa mesin sudah mulai dipasang permanen dan dapat langsung dilakukan uji coba.

Direktur PT Mata Biru, Wahyu Ramadan menunjukkan cara menggunakan mesin berharga Rp 200 juta per unit tersebut. Sebelum disentuh, mesin ini tampak gelap dan tidak menyala. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah menekan tombol hijau di bawah layar sisi kanan yang terdapat lambang v.

Setelah ditekan, layar tersebut akan menyala dan menunjukkan pilihan kendaraan yang akan diparkir. Ada 3 pilihan jenis kendaraan. Yaitu motor, mobil dan truk.

Layar kemudian akan menunjukkan durasi waktu yang diinginkan, lalu biaya yang dibutuhkan. "Nah masukkan koinnya sekarang," ucap Wahyu di Jl Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014).

Setelah jumlah koin yang dimasukkan sesuai dengan yang tertulis di layar, kertas akan tercetak. Di dalam kertas putih kecil berukuran sekitar 7x5 cm, akan terlihat nomor polisi kendaraan, waktu tiba, waktu kendaraan harus meninggalkan area parkir dan biaya parkir.

"Kalau bayarnya tidak sesuai, koinnya keluar lagi," katanya.

Nantinya, petugas yang berjaga akan menyediakan uang koin dalam jumlah banyak yang dapat ditukar oleh pemilik kendaraan. Penukaran uang tersebut tidak dipungut biaya.

34 Juru parkir yang selama ini berjaga di sepanjang Jl Sabang akan tetap dipekerjakan. Mereka digaji lebih dari UMP DKI Jakarta dan terbagi dalam 3 shift.

"Besok kita launching di sini jam 09.00 WIB. Rencananya akan dihadiri Dubes Swedia dan Wagub Ahok," tutupnya.

(kff/fdn)